Simulasi Gempa, Siswa SDN 1 Banjar Dievakuasi dari Lantai 2

Simulasi Gempa, Siswa SDN 1 Banjar Dievakuasi dari Lantai 2

BANJAR, RADARTASIK.COM – Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Banjar dievakuasi tim dari BPBD dan Damkar Kota Banjar lantaran terjadi gempa.

Puluhan siswa tersebut diturunkan tim evakuasi menggunakan tali dari lantai dua dan tak ada satupun siswa yang terluka.

“Ini merupakan simulasi penyelamatan ketika terjadi bencana gempa bumi terhadap siswa sekolah. simulasi juga salah satu program dari satuan pendidikan aman bencana (SPAB) yang dilaksanakan pada saat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah),” kata Ketua Komite SDN 1 Kota Banjar Dicky Agustaf, Jumat 22 Juli 2022, lalu.

BACA JUGA:Alur Pembuatan Persetujuan Bangunan Gedung

Dicky menjelaskan, simulasi bekerjasama dengan BPBD dan Damkar Kota Banjar. Bertujuan untuk menyosialisasikan SPAB. Manfaatnya, meminimalisir korban dan harta benda ketika terjadi kebencanaan.

“Pelaksanaan ini juga mengacu pada Pemerdikbud No.34 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program SPAB. Program ini wajib dilaksanakan di tingkatan semua sekolah,” tutur Dicky.

Kepala UPTD SDN 1 Banjar Hj Ikah Kartikah mengatakan, siswa antusias mengikuti sumulasi ini. Bahkan dari rencana yang ikut penyelamatan hanya 10 siswa. Ternyata semua siswa kelas 1 sebanyak 77 siswa ingin merasakan.

BACA JUGA:Usaha Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Antara Penegakan Hukum dan Jiwa Humanis

“Alhamdulillah pelaksanaan ini berjalan lancar. Bahkan semua siswa cukup antusias. Ada yang senang, ada yang takut. Ini sebagai pengalaman berharga bagi para siswa sipaya mereka tidak panik ketika terjadi kebencanaan yang serupa,” katanya.

Selain simulasi kebencanaan, dalam MPLS juga ada pengenalan terkait bahaya nar­koba, ke­sehatan dan lain-lain. Hal itu di­lak­sanakan untum mem­berikan pe­nge­tahuan secara dini kepada para sis­wa pada tahun ajaran ba­ru. “MPLS ini ber­lang­sung se­lama l­i­ma ha­ri,” kata Ikah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: