Kader PKK Dilatih Olah Hasil Pertanian, Lihat Hasilnya!

Kader PKK Dilatih Olah Hasil Pertanian, Lihat Hasilnya!

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sebanyak 16 kader PPK mengikuti pelatihan pembuatan roti dan kue di Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

Ade Wahyu, instruktur pelatihan roti dan kue dari BLK Kabupaten Tasikmalaya, mengaku telah memberikan ragam resep olahan hasil pertanian dan tips pengolahannya kepada peserta pelatihan.

Pelatihan tersebut dilakukan agar para ibu memiliki pengetahuan bagaimana mengolah hasil pertanian menjadi produk yang dapat dipasarkan.

BACA JUGA: Memaksa Parkir di Badan Jalan HZ, Pengemudi Terancam Sanksi Tegas

“Kegiatan pelatihan ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga para peserta dapat mengolah komoditi pertanian menjadi suatu produk olahan pangan yang bernilai ekonomi serta dapat memberikan nilai tambah, baik bagi komoditi pertanian maupun masyarakat sebagai pelaku usaha,” ujarnya.

Beberapa peserta ini, ujar Ade, diberikan materi bagaimana pembuatan roti kue, pengantar pangan, pengolahan, analisa usaha dan motivasi kerja.

Pelatihan yang diselenggarakan sejak beberapa hari lalu ini akan berlangsung kurang lebih selama 20 hari ke depan atau sekitar 160 jam. Untuk teorinya 30 persen dan praktiknya 70 persen.

BACA JUGA: BPBD Salurkan Bantuan Bahan Pokok ke Korban Bencana Longsor dan Banjir di Salawu

Semua peserta, ujar dia, diharapkan mampu dan memiliki inovasi serta kreativitas yang tinggi untuk menciptakan olahan produk pangan yang nantinya dapat dipasarkan guna meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain itu, kata dia, setelah pela­tihan ini para peserta yang jumlah­nya 16 orang ini bisa me­ngem­­bangkan usaha atau menjadi usaha kecil me­nengah sehingga bisa mening­katkan per­eko­nomian keluar­ganya.

“Mereka bisa buka usaha mandiri atau kalau bisa bekerja di perusahaan lain yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Sebab, mereka telah dibekali ilmu pengetahuan dan juga praktek langsung,” ucapnya, Senin 18 Juli 2022.

BACA JUGA: Membanggakan! Sidiq Khoerulsyah, Siswa SMAN 1 Kota Tasikmalaya Juara 3 Kejuaraan Dunia Taekwondo di Korsel

Kepala Desa Sukaraja Asep Nandang mengatakan pelatihan ini disesuaikan dengan potensi dan visi misi ibu-ibu PKK dalam mengolah bahan makanan.

Jadi, sambung dia, tujuan dari pelatihan ini adalah memberdayakan ibu-ibu PKK dalam mengolah bahan makanan (kuliner).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: