Paling Produktif dan Juara Grup, Timnas Indonesia Malah Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, Kok Bisa...

Paling Produktif dan Juara Grup, Timnas Indonesia Malah Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, Kok Bisa...

Dulu praktik seperti ini juga sempat terjadi dimainkan oleh Timnas Indonesia vs Thailand di Piala Tiger 2018. Bahkan di kompetisi lokal pun sempat terjadi antara PSS vs PSIS pada tahun 2021. 

Anda bisa flash back laga pertandingan sepakbola gajah di beberapa chanel youtube. Klik 2 tayangan berikut ini sebagai contoh laga main sabun itu bisa terjadi.

Pada intinya, kedua tim yang berlaga, satu sama lain ingin lolos ke fase selanjutnya tapi dengan jalan tidak sportif.

Uniknya lagi ada tim yang mencari jalan kalah agar di laga semifinal bisa bertemu dengan tim yang lebih ringan. Lucu bukan!

Nah, indikasi main sabun atau main curang yang mengarah pada match fixing ini pun terlihat dari laga Vietnam vs Thailan di Stadion Madya Jakarta, Minggu 10 Juli 2020. Simak dan perhatikan tanyangan youtube.

Jika dilihat dari permainan Thailand kontra Vietnam, kedua tim seperti bermain sepakbola gajah. Sama-sama menciptakan gol, selepas itu bermain seperti mencari jalan aman.

Pada saat skor 0-0 Thailand begitu bersemangat mencari gol. Begitu pun dengan Vietnam. Karena jika hasil ini imbang 0-0 maka salah satu di antara mereka dipastikan gagal ke semifinal. 

Thailand begitu bersemangat menggempur pertahanan Thailan karena dari head to head dan selisih gol mereka jauh tertinggal dari Indonesia dan Vietnam di group A. 

Sementara Vietnam memilih jalan bertahan, karena jika pun hasilnya 0-0 maka mereka akan menjadi juara group A didampingi Timnas Indonesia sebagai runner up. 

Ini disebabkan hitungan head to head tadi. Bahwa jumlah gol memasukan di 4 laga sebelumnya Vietnamlebih banyak yakni 11 gol berbanding 6 gol yang dimiliki Thailand. 

Thailand harus menyerang dengan target memasukan minimal 1 gol. Wajar Tim Gajah Putih itu lebih agresif dibandingkan Vietnam. 

Sedangkan Vietnam juga berharap kalau pun Thailand bisa memasukan gol tak lebih dari 1. Sehingga tidak sulit untuk mengejar. 

Mengapa demikian, ini jalan Vietman untuk menyingkirkan Timnas Indonesia agar gagal ke semifinal.

Nah, setelah Thailand berhasil menciptakan gol, giliran Vietnam yang berjibaku, mengejar ketertinggalan itu. Cara Vietnam mencari seri pun tidak begitu sulit.

Karena Vietnam dikenal tim yang agresif. Ini terlihat dari torehan gol yang mampu mengimbangi Timnas Indonesia pada laga perdana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id