Paling Produktif dan Juara Grup, Timnas Indonesia Malah Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, Kok Bisa...

Paling Produktif dan Juara Grup, Timnas Indonesia Malah Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, Kok Bisa...

JAKARTA, RADARTASIK.COM— Meski juara grup dan tim paling produktif, timnas Indonesia U-19 tidak lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Hal itu membuat publik Indonesia gemas. Karena AFF U-19 2022 menggunakan sistem head to head hasil pertandingan. Itu jelas merugikan timnas Indonesia.

Di laga lainnya, Vietnam vs Thailand bermain imbang 1-1. Itu menjadi kunci tidak lolosnya timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

BACA JUGA: Pemain Muda Persib Ini Sungguh Berani, Minta Izin Ambil Jatah Penalti Marc Klok, Hasilnya...

Perhitungan dengan skema head to head, meski poin tim peserta kompetisi sama dalam satu group, maka untuk mencari siapa yang berhak lolos dilihat dari jumlah gol.

3. Vietnam vs Thailand = 1-1 (1 poin)

Nah, laga Vietman vs Thailand itulah yang menjadi rujukan panitia AFF 2022. Padahal poinnya sama yakni 1 (hasil seri mendapatkan 1 poin, menang mendapatkan 3 poin).

BACA JUGA: Andrea Barzagli: Lukaku Bisa Membuat Perbedaan di Serie A, Tapi Pogba dan Di Maria akan Membuat Juventus Hebat

Vietnam dan Thailand lolos karena dinilai hasil akhir pertandingannya membuahkan gol (1-1). Meski pun secara poin sama, saat Indonesia bersua Thailand dan sebaliknya Indonesia bersua Vietman (1 poin).

Bagaimana jika hasil pertandingan Thailand vs Vietnam berkesudahan 0-0. Maka Timnas Indonesia yang berhak lolos. 

BACA JUGA:Monza Telah Mengajukan Tawaran untuk Luis Suarez

Mengapa? Karena Panitia Piala AFF 2022 akan mencari pemenangnya lewat jumlah gol keseluruhan group. Kebetulan Indonesia berhasil memasukan 17 gol dari 5 laga yang sudah dimainkan. 

Sementara Thailan hanya menghasilkan 7 gol memasukan dari 5 pertandingan. Demikian pula Vietnam yang menorehkan 12 gol juga dari 5 laga di Group A.

Di luar konteks perhitungan head to head yang sekarang diterapkan panitia Piala AFF 2022, kondisi ini membuka celah permainan ‘sabun’ atau yang lebih kita kenal dengan permainan gajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id