Yuk Kenali Sindrom Ramsay Hunt yang Membuat Syaraf Wajah Penyanyi Justin Bieber Lumpuh Sebagian

Yuk Kenali Sindrom Ramsay Hunt yang Membuat Syaraf Wajah Penyanyi Justin Bieber Lumpuh Sebagian

BACA JUGA:Pakar Kesehatan Beri Saran Penting Terkait Penemuan Omicron BA.4 dan BA.5 di Bali

Ini juga yang dirasakan Justin Bieber. “Makin kesulitan untuk makan, ini benar-benar membuat frustasi. Mohon doanya untuk saya,” tulisnya di Instagram Story-nya, dengan emoji menangis, Sabtu (11/06/2022).

Pencegahan tercepat agar sindrom ini tidak makin menyebar adalah hubungi dokter. Terutama jika terdapat ruam cacar api yang disertai dengan kelumpuhan di area wajah dan telinga.

Pengobatan yang dimulai dalam waktu tiga hari sejak kemunculan awal gejala akan meminimalisir risiko terjadinya komplikasi.

BACA JUGA:Atalia Ridwan Kamil Datangi Lokasi Makam Eril, Pastikan Kelancaran Proses Pemakaman Hari Senin

Penyebab utama sindrom ini adalah infeksi virus yang sama dengan penyebab cacar api dan cacar air, yaitu varicella-zoster.

Virus ini diyakini menginfeksi syaraf wajah yang terletak dekat telinga bagian dalam. Ini yang menyebabkan terjadinya iritasi dan pembengkakan pada syaraf-syaraf tersebut.

Seseorang yang sudah pernah terkena cacar dan sembuh mungkin masih memiliki virus tersisa di dalam syarafnya. Namun, virus akan berada dalam fase “tertidur”.

Beberapa tahun kemudian, virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebabkan gejala-gejala sindrom Ramsay Hunt, terutama jika sistem imun tubuh melemah. (pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: