Kodim 0612/Tasikmalaya Sosialisasi Penanganan Mitigasi Bencana Alam

Kodim 0612/Tasikmalaya Sosialisasi Penanganan Mitigasi Bencana Alam

Radartasik, TASIKMALAYA – Kodim 0612/Tasikmalaya melakukan sosialisasi mitigasi bencana dengan tema “Mitigasi Bencana Penanggulangan Bencana Daerah Tasikmalaya Tahun 2022, Jumat (10/06/2022).

Sosialisasi ini bertempat di Gedung Juang No 1, di Jalan Taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa, Tawang, Kota Tasikmalaya. 

Peserta sosialisasi itu adalah perwakilan dari 25 koramil jajaran kodim Tasikmalaya dan Unit Penangulangan Bencana yang ada di Kota Tasikmalaya. 

Asops Kodam III/Siliwangi yang diwakili Letkol Inf Eka Agus Indarta, Pabandyalat Ops Dam III/Siliwangi membuka acara sekaligus memaparkan peran TNI khususnya Kodim 0612/Tasikmalaya dalam penanganan mitigasi bencana.

"Tujuan utama dari mitigasi bencana adalah mengurangi kerugian akibat dampak bencana dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dan mengurangi paparan serta meningkatkan ketahanan masyarakat melalui kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan," paparnya.

Tataran kewenangan TNI, terang dia, diantaranya memberikan bantuan kepada pemda dalam proses mitigasi wilayah rawan bencana, melaksanakan perintah operasi tugas pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana tingkat Kodim.

"Lalu mempersiapkan potensi masyarakat dan memperkuat sumber daya daerah, mempersiapkan sarana dan prasarana di daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan penanggulangan bencana alam," terangnya.

"Juga melakukan koordinasi dengan Satuan, Dinas atau Instansi terkait pada tataran BPBD Kabupaten/Kota, serta membantu mengendalikan penanggulangan bencana alam di Daerah sesuai dengan kriteria bencana yang dihadapi," sambungnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengimbau kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini secara maksimal, sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam pelaksanaan penanggulangan bencana. 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas Kodim 0612/Tasikmalaya dengan BPBD Tasikmalaya.

Sosialisasi ini dihadiri Irutum Dam III/Siliwangi, Kolonel Inf Ari Eka Wahyu Nugroho, Pabandya Lat Letkol Inf Eka Agus Indarta, Irdya Intel Letkol Inf M.Taufik, Kepala BPBD kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, Dandim 0612/Tasikmalaya yang diwakili Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor Inf Candra Suhendra, Pasi Lat Korem 062/Tn Mayor Inf Nirca Zahrudin, para Babinsa jajaran Kodim 0612/ Tasikmalaya dan lain sebagainya. (rezza rizaldi / radartasik.disway.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: