Menko Airlangga dan Perdana Menteri Belanda Perkuat dan Perluas Kerja Sama

Menko Airlangga dan Perdana Menteri Belanda Perkuat dan Perluas Kerja Sama

Selain itu juga disampaikan beberapa perhatian khusus terhadap dampak perekonomian akibat situasi geopolitik yang terjadi, dan juga beberapa isu penting bagi kedua negara seperti peningkatan akses pasar produk Indonesia dan kerja sama Kelapa Sawit Berkelanjutan.

BACA JUGA:Jelang Puncak Peringatan HLUN 2022, Elemen Masyarakat Tasikmalaya Bahu-membahu Lakukan Ini

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Belanda memiliki MoU on Cooperation in Sustainable Production of Palm Oil (2019) dan Technical Arrangement (2020). 

Implementation Plan NI-SCOPS juga telah disepakati pada 24 April 2020. Menko Airlangga juga mendorong peluang kerja sama di bidang semikonduktor, serta pengembangan investasi perusahaan Belanda di Indonesia, seperti Unilever pada sektor oleochemical di KEK Sei Mangkei, Philips pada sektor kesehatan, dan Frisian Flag untuk pembangunan pabrik Susu di Cikarang.

BACA JUGA:Migran Terkendala Biaya, Aktivis PMII Kota Banjar Galang Koin Demi Pemulangan Tati Rohayati

Di tingkat global, Menko Airlangga menyampaikan harapan untuk kehadiran PM Belanda di KTT G20 di Bali, pada 15-16 November 2022 mendatang. 

Dalam diskusi, PM Rutte menyampaikan harapannya agar proses investasi untuk ekspansi usaha perusahaan-perusahaan Belanda akan semakin mudah dengan adanya reformasi struktural yang dapat meringkas waktu proses perizinan di Indonesia.

BACA JUGA:Pencarian Hari Keempat Eril, Wagub Terima Pesan Penting dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Belanda juga membuka diri apabila Indonesia memberikan kesempatan berinvestasi di dunia pendidikan, baik untuk pendidikan tinggi maupun pelatihan vokasi, termasuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa Indonesia yang ingin belajar ke Belanda melalui beasiswa Nuffic-Neso. 

Di samping itu, Belanda juga menyediakan sistem pembelajaran daring menggunakan teknologi terkini. (dep7/rep/fsr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: