Mantan PM Pakistan Ultimatum Akan Duduki Ibukota Bersama Jutaan Demonstran

Mantan PM Pakistan Ultimatum Akan Duduki Ibukota Bersama Jutaan Demonstran

Radartasik, Pakistan, Mantan Perdana Menteri Imran Khan memperingatkan ia akan duduki ibukota dengan jutaan orang dalam enam hari kecuali pemilihan baru diadakan saat itu juga.

Ultimatum Khan dikeluarkan selama rapat umum dengan ribuan demonstran di Islamabad, ia menyerukan untuk menjatuhkan “pemerintahan boneka”  dan bersikeras mereka didukung oleh kekuatan asing.

Mantan bintang kriket tersebut menjabat sebagai perdana menteri Pakistan selama lebih dari tiga setengah tahun sebelum digulingkan dalam mosi tidak percaya oleh parlemen bulan lalu.

Dia bersikeras bahwa pemecatannya dari kantor diatur oleh AS dengan anggota pemerintahan saat ini yang dipimpin oleh Perdana Menteri Shehbaz Sharif.

Khan telah menyatakan bahwa ia menerima ancaman dari pejabat AS atas penolakannya untuk tunduk pada tuntutan Washington untuk mendukung sanksi terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina.

Sejak penggulingannya, Khan telah menggelar beberapa aksi unjuk rasa di seluruh negeri, menyerukan "semua orang Pakistan" turun ke jalan untuk mengirim pesan ke seluruh Pakistan bahwa negara itu telah menolak pemerintahan boneka ini.

Sebelumnya Khan menyatakan bahwa dia akan mengambil bagian dalam demonstrasi duduk di pusat Islamabad bersama dengan ribuan pendukung sampai tuntutannya dipenuhi.

BACA JUGA:Pakistan Kerahkan Tentara Melawan Imran Khan Yang Memimpin Pengunjuk Rasa

Namun pada hari Kamis (26/05/2022) pagi setelah pihak berwenang memanggil militer untuk melindungi pusat kota, dia mengatakan dia akan meninggalkan Islamabad dan mengancam akan kembali dengan "seluruh bangsa" dalam enam hari jika pemilihan baru tidak diadakan.

Khan melanjutkan dengan menuduh pemerintah membawa negara menuju anarki dan mencoba menciptakan perpecahan antara rakyat dan polisi.

"Saya telah memutuskan bahwa saya akan duduk di sini sampai pemerintah membubarkan majelis dan mengumumkan pemilihan, tetapi dari apa yang saya lihat dalam 24 jam terakhir, pemerintah membawa bangsa ke arah anarki," katanya seperti dikutip oleh Dawn News.

Khan juga mengutuk pemerintah karena mencoba untuk membungkam dan mengintimidasi pengunjuk rasa damai dengan menyerbu rumah mereka dan menangkap orang-orang yang mengambil bagian dalam demonstrasi.

“Pemerintah telah mencoba segala cara untuk menghancurkan Azadi March kami, mereka menggunakan gas air mata untuk protes damai, rumah kami digerebek dan privasi rumah dilanggar, namun saya telah melihat bangsa ini membebaskan diri dari ketakutan akan perbudakan,” ungkapnya dikutip dari Russian Today.

Khan mencatat bahwa tiga pengunjuk rasa kehilangan nyawa mereka selama demonstrasi di Karachi, sementara dua lainnya terlempar dari jembatan dan ribuan lainnya ditangkap setelah beberapa demonstrasi di negara itu berubah menjadi kekerasan.

PM yang digulingkan itu juga meminta para pendukungnya untuk berkumpul di D-Chowk, alun-alun kota yang terletak di dekat beberapa gedung pemerintah yang vital  dan meminta pendukungnya tidak mengosongkan alun-alun sampai tuntutanya dipenuhi.

Setelah ribuan pengunjuk rasa mulai berdatangan, pemerintah Pakistan mengizinkan pengerahan pasukan militer untuk melindungi markas besarnya di ibu kota.

Menteri Dalam Negeri, Rana Sanaullah mentweet bahwa tentara akan dikerahkan untuk melindungi gedung-gedung pemerintah utama di Zona Merah Islamabad, seperti Mahkamah Agung, Gedung Parlemen dan kantong diplomatik termasuk Kedutaan Besar AS.

Pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sharif telah berjanji untuk menghentikan para pendukung Khan memasuki ibu kota, menyebut para pengunjuk rasa berusaha memecah belah dan mempromosikan kekacauan.

Pihak berwenang kemudian bahkan menyiapkan lusinan container dan truk kargo untuk memblokir jalan ke Islamabad menjelang pawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today