Kuatkan Merdeka Belajar dan Literasi Digital

Kuatkan Merdeka Belajar dan Literasi Digital

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Pemerintah Kota Tasikmalaya berharap dalam momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 yang diperingati 2 Mei, menjadi kebangkitan atau pemulihan sektor pendidikan. Untuk itu, harus menerapkan program merdeka belajar dan literasi digital.

Hal ini yang disampaikan langsung Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan setelah memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Balai Kota Tasikmalaya, Jumat (13/5/2022).

Kata Ivan, sesuai sambutan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim yang dibacakannya saat upacara, bahwa proses belajar mengajar sudah harus melakukan adaptasi terhadap perubahan. Itu karena pandemi Covid-19 dan perkembangan zaman cepat yang membawa kecanggihan teknologi. 

BACA JUGA: Ukir Prestasi di Ajang KSN 2022, BPK Penabur dan SDN Galunggung Unggul

”Untuk itu, pendidikan di Kota Tasikmalaya harus mengubah strategi pembelajaran kepada siswa. Seperti dengan program merdeka belajar dan penguatan literasi digital,” katanya. 

Mengingat, sambung Ivan, sekolah ketika melakukan merdeka belajar harus memberikan keleluasaan kepada siswa. Namun aspek kebutuhan akademik dan pendidikan karakter harus dipenuhi.

“Sekolah harus bisa bertahap untuk melakukan perubahan yang positif yakni program merdeka belajar. Sehingga membuat pembelajaran  lebih menyenangkan dan lebih inklusif,” ujarnya.

Kemudian, pentingnya sekolah melaksanakan adaptasi dengan  teknologi. Karena bisa efektif dalam kegiatan proses belajar-mengajar, sehingga mendapatkan ilmu pengetahuan secara luas dan mudah. ”Di era globalisasi ini pendidikan mesti harus bisa adaptif. Tujuannya agar mencetak generasi muda yang sesuai dengan zamannya,” katanya.

BACA JUGA: Tatap Muka 50 Persen dengan Prokes Ketat

Oleh karenanya, dalam momentum Hari Pendidikan Nasional ini, ia pun mengapresiasi kepada guru hingga stakeholder yang terlibat pendidikan. Karena mencerdaskan kehidupan bangsa saat ini lebih kompleks tantangan.

”Saya terima kasih para guru telah mau membangun generasi masa depan yang cerdas dan mencetak generasi akhlak mulia. Walaupun tantangan zaman semakin besar,” ujarnya.

Menambahkan, Kepala Dinas Pen­didikan Kota Tasik­malaya Ir Hj Ely Suminar MP meng­inginkan khusus untuk momen Hardiknas ini bisa  menyongsong tahun ajaran baru yang lebih baik dan bisa melaksanakan kurikulum merdeka belajar secara sempurna. Itu meskipun dengan segala keterbatasan dari sisi prasarana dan sarana.

BACA JUGA: Kolaborasi Tingkatkan Layanan Pendidikan

”Oleh karenanya untuk mewujudkan itu momentum Hardiknas ini, guru tetap semangat, bekerja keras dan terus meningkatkan kualitas mutunya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: