Kolaborasi Tingkatkan Layanan Pendidikan

Kolaborasi Tingkatkan Layanan Pendidikan

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Tasikmalaya meminta untuk menguatkan kolaborasi antar kepala sekolah. Dengan begitu meningkatkan layanan prima pendidikan di Kota Tasikmalaya

Hal itu disampaikan oleh Ketua MKKS SMP Kota Tasikmalaya Usep Muhajir MPdI pada saat kegiatan halal bihalal di SMP Islam Al Azhar 30 Kota Tasikmalaya, Rabu (11/5/2022).

Kata Usep, dalam momentum halal bihalal ataupun silaturahmi kali ini diharapkan antar kepala sekolah mesti berkolaborasi. Dengan begitu, saling menyempurnakan, misalnya sekolah kekurangan dapat dibantu sekolah yang kelebihan. ”Manfaatnya agar meningkatkan layanan prima pendidikan di Kota Tasikmalaya,” katanya. 

Bentuknya kolaborasi, sambung Usep, bisa dengan pemetaan rapor pendidikan. Kebetulan, nantinya MKKS  bersama pengawas sekolah, Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dan  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat akan melaksanakan bimbingan teknis program rapor pendidikan untuk memetakan sekolah. 

BACA JUGA: Mendikbudristek Ajak Mahasiswa Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

”Setelah pemetaan rapor pendidikan, nantinya muncul sekolah yang perlu dibantu dalam perbaikan kualitasnya,” ujarnya.

Karena rapor pendidikan bisa mengidentifikasi masalah berdasarkan indikator. Lalu melakukan refleksi capaian, pemerataan, dan proses pembelajaran di sekolah. 

”Lebih lanjut bisa menyusun kegiatan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan, baik dari BOS atau BOP dan APBD,” katanya.

Kolaborasi antar kepala sekolah bisa memberikan motivasi dan berbagi pengalaman akreditasi kepada sekolah lainnya. ”Tentunya agar bisa mendapatkan hasil akreditasi yang baik,” ujarnya. 

BACA JUGA: Saling Kejar Mimpi Juara KSN

Senada, Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMP Negeri Kota Tasikmalaya Hj Affi Endah Nafilah MPd menginginkan dalam momentum halal bihalal ini, dapat membangun kekuatan bersama saling berkolaborasi. Arahnya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan Kota Tasikmalaya.

”Sekolah adalah penyedia layanan jasa. Oleh karenanya terus memberikan karya-karya terbaik dengan inovasi  dan tetap berkolaborasi,” katanya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Ir Hj Ely Suminar MP mengapresiasi silaturahmi MKKS, karena wujud nyata untuk mengikat antara SMP swasta dan negeri. Arahnya ke satu tujuan dan satu suara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. ”Kebersamaan ini momentum untuk mempersatukan langkah ke depan agar lebih harmonis,” ujarnya. 

BACA JUGA: 1.635 Kursi Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Unsil Siap Gelar UTBK-SBMPTN 17 Mei 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: