CPNS Masuk, THL ”Ngamuk”

CPNS Masuk, THL ”Ngamuk”

RADARTASIK, KOTA TASIKMALAYA – Pengenalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya diwarnai aksi unjuk rasa. Para Tenaga Harian Lepas (THL) berang karena pengabdian yang sudah dilakukan merasa tidak dianggap.

Hal itu bermula ketika para CPNS Satpol PP sedang mendapat pengarahan dari pembina di kantor yang berlokasi di Jalan Ir Djuanda itu. Tiba-tiba dari halaman kantor terdengar teriakan beberapa orang.

Saat dicek ternyata mereka merupakan THL Satpol PP yang melakukan unjuk rasa. Mereka membawa pengeras suara layaknya aktivis yang melakukan orasi.

BACA JUGA: Sebelum Open Bidding 5 Kursi Kepala SKPD, Sekda Sebut Ada Rotasi Para Kadis

Mereka mengungkapkan kekesalannya karena merasa pengabdiannya tidak berarti apa-apa. Sementara yang masuk sebagai CPNS merupakan orang-orang yang terbilang baru.

Dalam aksi tersebut, THL meminta pejabat Satpol PP dari mulai kepala satuan (kasat) dan para kepala bidang (kabid) untuk keluar. Para CPNS pun langsung bergerak menghadang para THL.

Aksi dorong-dorongan dan lempar tomat serta botol air pun tidak terhindarkan karena pejabat yang mereka panggil tak kunjung muncul. Pada akhirnya, beberapa pegawai perempuan pun berteriak histeris melihat bentrokan di internal Satpol PP itu.

BACA JUGA: Kormi Kota Tasikmalaya Target Masuk 10 Besar di Forprov Jabar 2022

Ketegangan yang terjadi itu seketika hilang setelah berganti gelak tawa. Pasalnya, aksi itu merupakan salah satu skenario pengenalan kerja untuk para CPNS Satpol PP.

Kabid Peningkatan Kapasitas dan Kerja Sama Antar Lembaga Satpol PP Kota Tasikmalaya Ahmad Gani Iskandar menjelaskan bahwa salah satu tantangan kerja instansinya adalah pengamanan unjuk rasa. Maka dari itu, simulasi tersebut dilakukan sebagai pengenalan. ”Dan mereka tidak diberi tahu sebelumnya,” ujarnya kepada Radar.

Simulasi tersebut, menurut dia, sangat penting sebagai bentuk kesiapanan. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pelatihan fisik kepada 30 CPNS itu. ”Untuk sekarang kita pengenalan kerja dulu,” katanya.

Salah satu CPNS Satpol PP asal Kota Tasik, Amal Aulia Safarulloh mengaku cukup kaget dengan unjuk rasa dari THL yang mendadak itu. Namun, dia sedikit banyak sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya nanti. Salah satunya pengamanan unjuk rasa. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: