SMPN 1 Kota Tasik Berbagi Ribuan Paket Makanan

SMPN 1 Kota Tasik Berbagi Ribuan Paket Makanan

TASIK — Tradisi berbagi dengan sesama pada momentum Ramadan masih tumbuh subur hingga saat ini. Oleh karenanya, banyak lembaga, komunitas, kelompok berlomba-lomba membagikan takjil kepada masyarakat yang menjalankan puasa.


Hal tersebut dilakukan orang tua siswa, siswa dan guru SMPN 1 Kota Tasikmalaya dengan menggelar program Rantang Siswa dan guru SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Pada kegiatan tersebut, mereka memberikan makanan kepada warga sekitar yang membutuhkan.

“Momentum Ramadan yang indah ini kita syukuri dengan program Rantang Berbagi untuk Sesama. Itu sedekah dari orang tua siswa, siswa dan guru SMPN 1 Kota Tasikmalaya,” kata Kepala SMPN 1 Kota Tasikmalaya H Cecep Susilawan SPd MM.

Manfaat program Rantang Berbagi tersebut, sangat luar biasa karena menambah rasa peduli siswa terhadap sesama. Bukan hanya makanan, tetapi juga bisa berbagi ilmu dan keteladanan. “Dengan berbagi mampu meningkatkan rasa simpati dan empati warga sekolah kepada sesama,” ujarnya.

Buktinya, dari orang tua siswa, siswa dan guru SMPN 1 Kota Tasikmalaya bisa mengumpulkan sebanyak 1.328 nasi kotak dan 2.142 makanan ringan.

Makanan yang terkumpul tersebut dibagikan ke panti asuhan Az-Zahra, panti asuhan Nurul Milah, panti asuhan Ulumul Huda, Pondok Tahfiz Sulalatul Huda dan duafa. Serta dibagikan juga ke Masjid As-Sunnar, masyarakat sekitar dan pengendara yang melintas di Jalan Otista Tasikmalaya.

“Pembagian paket makanan dibantu oleh siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS), Pramuka dan Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Ketua Komite SMPN 1 Kota Tasikmalaya Asep Sufyan mengapresiasi adanya kekompakan keluarga SMPN 1 Kota Tasikmalaya untuk melaksanakan gerakan sosial dengan membagikan ribuan makan kotak dan makan ringan.

“Kami bersyukur atas terselenggaranya kegiatan sosial ini, kegiatan ini murni menjadi insiatif dari orang tua siswa, siswa serta guru di SMPN 1 Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Pihaknya pun menunjukkan dengan kerja tim. Ramadan di situasi pandemi Covid-19 telah bisa melahirkan energi kepedulian yang luar biasa yang bisa membentuk spirit baru untuk keluarga SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Sehingga bisa menebar manfaat seluas-luasnya.

“Antusias berbagi ini disambut antusias oleh warga SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Ini menjadi bukti bahwa kerja sama tim yang efektif dapat melahirkan sinergi dengan manfaat dan dampak yang luar biasa,” katanya. Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada keluarga SMPN 1 yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan berbagai tersebut.

Sementara itu Ketua OSIS SMPN 1 Kota Tasikmalaya Satria Putra Al Akbar merasa senang berbagi kepada sesama, sehingga bisa menumbuhkan sosok yang humanis.

“Dengan ini bisa membangun empati saya dan teman-teman,” ujarnya. Ia pun berharap kegiatan yang telah dilakukan ini dapat memberikan keberkahan pada seluruh warga sekolah.

Selain itu, berbagi juga dilakukan para guru dan siswa SMKN SPP Tasikmalaya dengan Rantang Cinta untuk masyarakat sekitar sekolah.

“Manfaatnya bisa membiasakan siswa simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar,” kata Kepala SMKN SPP Tasikmalaya H Endang Zenal MAg.

Kemudian, bisa terjalin hubungan baik dan harmonis antara sekolah dengan masyarakat sekitar. “Intinya manfaat yang diraih dengan Rantang Cinta bisa menguatkan solidaritas dan soliditas ke dalam dan keluar,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: