Universitas Islam Darussalam Kabupaten Ciamis Siap Tingkatkan RLS, Carannya Begini

Universitas Islam Darussalam Kabupaten Ciamis Siap Tingkatkan RLS, Carannya Begini

Laporan tahunan rektor dan orasi ilmiah II pada puncak milad ke-54 Universitas Islam Darussalam Kabupaten Ciamis, kemarin Sabtu 1 Juni 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Kabupaten Ciamis memiliki indeks rata-rata lama sekolah (RLS) masih butuh ditingkatkan. Karena masih setara dengan tingkat SMP. 

Berdasarkan data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) baru mencapai 8,0 tahun di tahun 2022/2023. 

Angka itu jauh di bawah RLS Jawa Barat yang pada tahun 2022 sudah mencapai 8,76 tahun dan tahun 2023 tercapai  8,83 tahun.

Salah satu peran untuk meningkatkan RLS di Kabupaten Ciamis adalah perguruan tinggi, seperti halnya Universitas Islam Darussalam (UID) Ciamis. 

BACA JUGA:Motor Adu Bagong di Jalan Raya Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Dua Tewas

Untuk itu, dalam komitmen UID Ciamis untuk terus mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing secara profesional dan bermoral. 

Warek Bidang Kemahasiswaan dan Komunikasi Publik UID Ciamis Dr Sumadi SAg MAg mengatakan saat ini RLS Kabupaten Ciamis masih SMP.

oleh karenanya perguruan tinggi khususnya UID Ciamis ikut membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan. 

"Karena saat ini rata-rata lama sekolah Kabupaten Ciamis masih di bawah rata-rata nasional. Adanya perguruan tinggi seperti UID Ciamis kini menginjak 54 tahun, ikut serta meningkatkan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Ciamis," katanya kepada Radar Tasikmalaya, Sabtu 1 Juni 2024. 

BACA JUGA:Full Time, Skor Timnas Indonesia vs Tanzania Imbang 0-0, Jordi Amat, Shayne dan Sandy Walsh Dimainkan

Sebab, terang dia, hal ini dibuktikan mahasiswa UID Ciamis dari kebanyakan dari Ciamis. Lalu selanjutnya tersebar Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, Bandung, dan Jawa Tengah.

"Harapan ke depannya rata-rata lama sekolah bisa naik menjadi SMA atau bahkan Perguruan tinggi," terangnya.

Untuk mencapai itu, UID Ciamis melakukan penguatan dua yaitu kultur epistemologi integratif islam dan ilmu pengetahuan. Ditempatkan tidak berhadap-hadapan, akan tetapi berintegrasi satu sama lain untuk saling menguatkan. 

"Kita membuka fakultas dan program studi yang memperkuat visi kultur epistemologi integratif islam dan ilmu pengetahuan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: