Doa Ramadhan Hari Ke-20: Hikmah Dibukakan Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Doa Ramadhan Hari Ke-20: Hikmah Dibukakan Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Pesan dan hikmah dalam doa ramadhan hari ke-20. Foto : freepik/reka foto--

Permohonan pertama dalam doa ramadhan hari ke-20 ini senada dengan sabda rasulullah saw ketika menerangkan salah satu keistimewaan bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Ini Cara Cek Penerima PIP Terbaru 2024 Melalui HP, Simak Juga Prioritas Penerima PIP Kemdikbudristek di Sini!

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ketika datang bulan Ramadhan, pintu surga dibuka, dan pintu neraka ditutup. Setan dirantai." (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun pesan yang bisa dipetik dari doa  tersebut adalah: 

Pertama, permohonan kepada Allah agar kita selalu dibimbing dan ditunjukkan oleh-Nya ke jalan menuju surga, melalui kemudahan dan kemampuan dalam melaksanakan ibadah dan amal saleh yang akan mengantarkan kita ke surga yang diridhoi-Nya.

Kedua, permohonan kepada Allah ta'ala agar kita senantiasa dijauhkan dari segala hal yang akan menjerumuskan kita ke dalam neraka. Inilah pesan yang terkandung dalam doa ramadhan hari ke 20 di atas.

BACA JUGA: Inilah 6 Alasan Kucing Kampung Suka Makan Rumput, Apakah Berbahaya?

2. Diberikan kemampuan untuk membaca Al-Quran

Permohonan kedua dari doa ramadhan hari ke 20 ini adalah memohon agar Allah memberikan kita kemampuan dan kemudahan dalam membaca kitab suci Al-Quran, mulai dari mempelajarinya, mentadaburinya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh rasulullah saw dalam sebuah hadits:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari)

3. Allah SWT adalah Tuhan yang memberikan ketenangan kepada orang yang beriman.

Kalimat penutup dari doa ramadhan hari ke 20 ini adalah penegasan bahwa hanya Allahlah yang mampu menganugerahi ketenangan kepada orang-orang yang beriman.

Ini juga sekaligus memberi makna bahwa  hanya orang-orang yang memiliki imanlah yang akan mendapatkan ketenangan dari Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: