Doa Ramadhan Hari Ke-19: Dimudahkan untuk Menikmati Keberkahan di Bulan Ramadhan

Doa Ramadhan Hari Ke-19: Dimudahkan untuk Menikmati Keberkahan di Bulan Ramadhan

Pesan yang terkandung dalam doa ramadhan hari ke-19. Foto : freepik/reka foto--

Karena setiap orang akan memperoleh sesuai denganapa yanh diusahakannya atau apa yang diperbuatnya, seperti firman Allah dalam surat An Najm Ayat 39, berikut ini:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى . وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى . ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَى . وَأَنَّ إِلَى رَبِّكَ الْمُنْتَهَى

Wa anna laisa lil insaanin illaa maa sa’aa. Wa anna sa’yahu saufa yuroo. Tsumma yukhzaahul jazaa-al aufaa. Wa anna ilaa robbikal muntahaa."

Artinya: “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan bahwasanya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu).” (QS An Najm: 39)

Dengan pengertian dan uraian di atas, menjadi jelas kiranya bahwa permohonan agar kita tidak diharamkan untuk memperoleh kebaikan di bulan ramadhan, maksudnya adalah kita berdia agar tidak menjadi orang yang menyia-nyiakan ramadhan atau orang yang tidak melaksanakan apa yang diperintahkan Allah di bulan ramadhan ini.

Itulah pesan yang bisa kita petik dalam doa ramadhan hari ke 19 di atas.

4. Allah pemberi petunjuk kepada jalan yang terang 

Ini merupakan makna lanjutan, bahwa hanya dengan petunjuk dari Allah SWT kita bisa menjadi orang yang terpilih untuk dapat meberima kebaikan-kebaikan yang ada dalam keberkahan bulan ramadhan.

Demikian uraian mengenai makna dan kandungan doa ramadhan hari ke 19. Wallahua'lam bishowwab.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: