Daftar Jenis Obat dan Aturan Pakainya Saat Bulan Ramadhan, Minum Obat Jadi Ga Perlu Bingung Lagi

Daftar Jenis Obat dan Aturan Pakainya Saat Bulan Ramadhan, Minum Obat Jadi Ga Perlu Bingung Lagi

Kenali jenis obat beserta aturan pakainya saat bukan Ramadhan. Foto: freepik --

Mengikuti anjuran dokter dan aturan pakai obat yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal.

BACA JUGA: Demi Dendam dan Ambisi Pribadi, Inter Ingin Merayakan Scudetto di Hadapan Fans AC Milan

BACA JUGA: Resmi! Francesco Acerbi Dibebaskan dari Tuduhan Pelecehan Rasial terhadap Juan Jesus

2. Obat Maag

Jika dokter anda meresepkan obat maag dengan aturan pakai obat sekali dalam sehari seperti omeprazol, lansoprazol, esomeprazol, atau pantoprazol, sebaiknya diminum pada malam hari sebelum tidur. 

Sedangkan jenis obat maag yang biasa dikonsumsi dua kali dalam sehari, seperti ranitidin, cimetidin, atau famotidin, dapat diminum pada malam hari sebelum tidur serta saat makan sahur. 

Karena asam lambung cenderung mencapai kadar tertingginya pada dini hari, aturan pakai obat di malam hari akan membantu mencegah terjadinya peningkatan asam lambung yang berlebihan. 

Namun, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terkait cara terbaik dalam mengonsumsi obat bagi kondisi medis yang sedang dihadapi. 

3. Obat Antidiabetes

Jika dokter Anda meresepkan obat antidiabetes dengan aturan pakai obat sekali dalam sehari seperti glimepirid, glibenklamid, atau glipizid, sebaiknya diminum saat berbuka puasa untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah. 

Hal ini dikarenakan pada saat itu, ada kecenderungan kadar gula dalam darah meningkat secara berlebihan. 

Namun, jika obat antidiabetes yang anda konsumsi diresepkan dua kali dalam sehari, seperti metformin, lebih disarankan untuk minum obat saat berbuka puasa dan sebelum tidur pada malam hari. 

Hindari minum obat antidiabetes pada saat makan sahur agar dapat menghindari terjadinya hipoglikemia saat berpuasa di siang hari. 

Tetaplah berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui aturan pakai obat yang tepat sesuai kondisi medis anda.

4. Obat Penurun Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes