Ratusan Pelajar SMAN 1 Banjar Antusias Mengikuti Edukasi Kebencanaan Alam dan Kebakaran, ini Tujuannya

Ratusan Pelajar SMAN 1 Banjar Antusias Mengikuti Edukasi Kebencanaan Alam dan Kebakaran, ini Tujuannya

Ratusan pelajar SMAN 1 Banjar antusias mengikuti edukasi kebencanaan alam dan kebakaran, Rabu 6 Maret 2024. Istimewa--

Ratusan Pelajar SMAN 1 Banjar Antusias Mengikuti Edukasi Kebencanaan Alam dan Kebakaran, ini Tujuannya

BANJAR, RADARTASIK.COM - Ratusan siswa-siswi SMAN 1 Banjar terlihat sangat antusias mengikuti edukasi penanggulangan kebencanaan, baik alam hingga kebakaran. 

Siswa-siswi tersebut rela panas-panasan duduk di lapangan terbuka untuk mendapatkan informasi terkait kebencanaan alam hingga kebakaran. 

Kegiatan itu diinisiasi oleh siswa-siswi yang tergabung dalam organisasi ekstrakurikuler SITAPALA (Siswa Taruna Pecinta Alam) SMAN 1 Banjar. 

BACA JUGA:Saksi Paslon Ganjar-Mahfud di Kabupaten Tasikmalaya Keberatan Hasil Rapat Pleno Pemilu 2024, ini Alasannya

"Ini dilakukan setidaknya kami paham dalam penyelamatan diri dan tatacara penanggulangan kebencanaan," ujar Ketua Pelaksana, Galih Arifal Zamil, Rabu 6 Maret 2024. 

Salah satunya yakni edukasi tata cara penyelamatan ketika terjadi gempa bumi oleh BPBD Kota Banjar, terlebih bangunan sekolah dua tingkat. 

Selain itu, siswa-siswi juga diberi petunjuk dalam menggunakan aplikasi Inarisk, memberikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah.

Tidak hanya itu saja, juga dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasi secara partisipatif dalam kebencanaan.

BACA JUGA:REVOLUSI di Tubuh Persib Dimulai dari Tokoh Ini hingga Sukes Membangun The Dream Team

"Selain dari BPBD, kita juga diberi edukasi oleh anggota Damkar Kota Banjar mengenai penanggulangan kebakaran dan non kebakaran," bebernya.

Pihaknya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut terlebih diajak terlibat langsung dalam simulasi dalam penanggulangan kebakaran. 

Tidak hanya itu saja, tapi diajak juga bermain dengan hewan reptil yang katanya hasil tangkapan anggota Damkar di masyarakat. 

"Kami pahami ternyata suatu saat akan berhadapan dengan api. Insyaallah siap jadi pawang api sesuai yang disampaikan anggota Damkar," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: