Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi, Lokasinya di Pusat Kota

Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi, Lokasinya di Pusat Kota

PT PLN meresmikan Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia.-Kementerian ESDM-

Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi, Lokasinya di Pusat Kota

JAKARTA, RADARTASIK.COM – PT PLN meresmikan pilot project Hydrogen Refueling Station alias HRS Senayan, Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

Di hari yang sama, PLN meresmikan Green Hydrogen Plant alias GHP PLTP Kamojang Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dengan peresmian HRS dan GHP, PLN menjadi pionir dalam membangun ekosistem hidrogen secara end to end di Indonesia sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

BACA JUGA: Atletico Madrid Nol Tembakan ke Arah Gawang, Yann Sommers Jadi Pengangguran, Ini Tanggapan Simone Inzaghi

BACA JUGA: Destinasi Wisata di Sukabumi yang Jadi Favorit Wisatawan, No 1 Geopark Ciletuh yang Jadi Warisan Dunia UNESCO

Stasiun Pengisian Hidrogen Senayan memiliki tiga jenis layanan jasa yaitu, jasa pengisian bahan bakar untuk mobil hidrogen, jasa pengisian mobil listrik dan hydrogen centre sebagai pusat pelatihan.

Saat ini HRS Senayan yang digunakan berbasis tekanan 350 bar. Nantinya akan ditambahkan dengan HRS berbasis 700 bar. Sehingga, HRS Senayan dapat melayani kebutuhan semua kendaraan berbasis hidrogen.

Hidrogen bisa dimanfaatkan sebagai industri gas termasuk pendingin generator di pembangkit listrik. Hidrogen pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alat transportasi maupun pembangkit listrik.

Direktur Jenderal Ketengalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu mengatakan HRS di Senayan merupakan stasiun pengisian hidrogen pertama di Indonesia.

BACA JUGA: Dengan Spek Gahar Nokia X50 Pro 5G 2024 Layar yang Sudah AMOLED Dilengkapi Kamera 144MP Harganya Cuma Segini

BACA JUGA: Bawaslu Kota Banjar Terima Laporan Dugaan Politik Uang Caleg, Pelapor Tak Penuhi Panggilan Pertama

Beroperasinya HRS di Senayan menunjukkan karya nyata dan bukti konkret energi hidrogen merupakan suatu keniscayaan bagi Indonesia.

”Hidrogen akan berperan secara strategis dalam era transisi global. Hidrogen merupakan satu-satunya pembawa energi nol karbon selain listrik, yang sedang dipertimbangkan serius untuk transportasi rendah karbon, dekarbonisasi di sektor industri, pembangkit, dan penyediaan panas,” kata dia pada laman Kementerian ESDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: