Bila Jalan Tol Pekanbaru - Padang Tuntas, Dua Destinasi Wisata Sumatera Barat Bakal Ramai

Bila Jalan Tol Pekanbaru - Padang Tuntas, Dua Destinasi Wisata Sumatera Barat Bakal Ramai

Jika Jalan Tol Pekanbaru - Padang tuntas, maka dua destinasi wisata Sumatera Barat bakal ramai.-BPJT-

Ke depan, jalan tol Pekanbaru - Dumai sebagai koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi akan tersambung dengan sirip atau feeder-nya yakni ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang - Pangkalan hingga Padang.

Dengan konektivitas yang semakin mantap, koridor Pekanbaru - Padang akan terus tumbuh berkembang dengan basis kegiatan industri, pertambangan, perkebunan dan turunannya, termasuk mendorong kegiatan pariwisata di kawasan pariwisata Candi Muara Takus dan Kelok Sembilan.

BACA JUGA: Penjabat Wali Kota Banjar Keliling Sekolah Beri Nasehat ini kepada Peserta Didik

Tol Padang - Sicincin

Kementerian PUPR juga terus berupaya mempercepat pembangunan JTTS yang akan tersambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh, berikut siripnya, untuk mendukung kelancaran konektivitas masyarakat di Pulau Sumatera.

Saat berkunjung ke Sumatera Barat, Kamis 11 Januari 2024, Basuki mengatakan JTTS memiliki total panjang 2.749 km dengan panjang koridor utama 1.889 km dan koridor pendukung 860 km.

Enam ruas jalan tol dengan total panjang 596 km sudah beroperasi. Tujuh ruas jalan tol sepanjang 361 km masih tahap konstruksi.

BACA JUGA: Cara Aman Berbagi File dengan Fitur Private Share Galaxy A25 5G Bahkan File Tidak Bisa Di-SC

Terdapat empat ruas jalan tol sepanjang 582 km memasuki Rencana Tahap II. Lima ruas jalan tol sepanjang 657 km memasuki Rencana Tahap III. Enam ruas sepanjang 553 km memasuki Rencana Tahap IV.

Pada tahun 2024, Kementerian PUPR menargetkan operasional JTTS koridor utama antara lain Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat (sebagian Seksi 2 - Seksi 4). Binjai - Langsa Seksi 2. Kisaran - Indrapura.


Padang - Pekanbaru (Bangkinang - Pangkalan). Sigli - Banda Aceh Seksi 1. Betung - Jambi Seksi Bayung Lencir - Tempino. Padang - Pekanbaru (Padang - Sicincin). Binjai - Langsa (Seksi 3).

Salah satunya termasuk Jalan Tol Pekanbaru - Padang, Seksi 1 Padang - Sicincin sepanjang 36,6 km yang akan menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau.

BACA JUGA: Ini Progres Tol Getaci di Kabupaten Tasikmalaya, Dua Exit Tol Tetap Diajukan di Singaparna dan Cineam

Basuki mengatakan kecepatan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang membutuhkan dukungan pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: