Wisata dan Pelestarian Kampung Batik Garutan di Kabupaten Garut

Wisata dan Pelestarian Kampung Batik Garutan di Kabupaten Garut

Gapura Kampung Batik Garutan di Jalan Gunung Kendang Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, Jumat 19 Januari 2024. agi sugiana / radar tasikmalaya--

BACA JUGA:Beckham Putra Buka Suara soal Metode Latihan Bojan Hodak Jelang Persib Hadapi Persis Solo, Bagaimana yang Lain

Namun kampung batik di Samarang ini baru ada. Kampung batik di Samarang ini merupakan kelompok masyarakat yang menganut Sunda Wiwitan.

"Satu lagi Kampung Pasir di Samarang. Mereka baru belajar jadi satu komunitas seperti Sunda Wiwitan," tambahnya.

Hal yang sama juga dilakukan di Kampung Batik Garutan Samarang, yang mana para perajinnya di bawa ke Jogjakarta untuk mengikuti pelatih-pelatihan dan sertifikasi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM), Ridwan Effendi menuturkan, dengan adanya branding Paledang sebagai salah satu sentra batik maka menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Garut.

BACA JUGA:Motor Retro Klasik Harga Rp 30 Jutaan, Pilih Yamaha atau Kawasaki?

Ia berharap ini bisa menjadi paket wisata yang bisa dinikmati wisatawan ketika berkunjung ke Kabupaten Garut. "Ini bisa menjadi paket kunjungan wisata berbasis kerajinan," tuturnya.

Ridwan menargetkan jika batik Garutan ini bisa tetap eksis dan memenuhi kebutuhan pasar, maka nantinya ketika berbicara batik ya batik Garutan menyebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: