Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Luncurkan Bakul Tasik untuk Ringankan Beban Warga

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Luncurkan Bakul Tasik untuk Ringankan Beban Warga

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah melepas petugas pengantar makanan program Bakul Tasik di halaman Bale Kota, Jumat 10 November 2023. ayu sabrina / radar tasikmalaya--

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Luncurkan Bakul Tasik untuk Ringankan Beban Warga

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Pemerintah Kota Tasikmalaya meluncurkan program Bakul Tasik di halaman Bale Kota, Jumat 10 November 2023.

Program ini merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah daerah dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tasikmalaya, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat miskin. 

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengatakan, saat ini kolaborasi kepedulian sosial dilakukan dengan pihak hotel dan restoran. 

BACA JUGA:Meski Akan Dibongkar, Minuman Keras Masih Ditemukan di Eks Terminal Cilembang Tasikmalaya

Kedepannya, Pemkot tidak menutup kemungkinan tidak hanya hotel dan restoran saja yang dapat berpartisipasi dalam program ini. 

"Sasaran penerima program bakul tasik adalah Masyarakat miskin terutama yang berada disekitar wilayah hotel," ujar Cheka disela simbolis peluncuran Bakul Tasik.

Menurutnya, pendistribusian makanan program Bakul Tasik dilakasanakan setiap hari. Adapun Proses pendistribusian makanan kepada penerima disalurkan oleh petugas dari Dinas Sosial. 

"Penyalurannya, melalui SDM PKH, TKSK, PSM, Karang taruna dan tagana," terangnya.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Warga Kota Tasikmalaya Aksi Turun ke Jalan Bela Palestina

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Wawan Gunawan menuturkan, secara filosofis bakul berarti boboko dalam Bahasa Sunda, tempat nasi. 

"Makannya, ini adalah pembagian kelebihan makanan, untuk warga yang kurang mampu," tutur dia.

Hal itu, beber Wawan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial para pegiat usaha di bidang hotel dan restoran kepada warga sekitar. 

"Ini sebagai awal, untuk para agnia nantinya terpacu, termotivasi, memerhatikan tetangga-nya masing-masing. Nanti mungkin bisa meluas dilakukan oleh rumah makan, perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tasikmalaya," beber pria yang akrab disapa Wagun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: