Puluhan Ribu Warga Kota Tasikmalaya Aksi Turun ke Jalan Bela Palestina

Puluhan Ribu Warga Kota Tasikmalaya Aksi Turun ke Jalan Bela Palestina

Puluhan ribu peserta aksi bela Palestina melakjkan longmarch keliling pusat Kota Tasikmalaya, Jumat 10 November 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Puluhan Ribu Warga Kota Tasikmalaya Aksi Turun ke Jalan Bela Palestina 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Puluhan ribu warga Kota Tasikmalaya melakukan aksi bela Palestina di Taman Kota, Jumat 10 November 2023. Teriakan 'free Palestina... free Palestina!' bergema di area aksi.

Mengenakan pakaian serba putih dan membawa bendera Indonesia serta Palestina, para peserta aksi antusias melakukan demonstrasi damai tersebut.

Setelah melakukan doa bersama dan mendengarkan orasi dari para orator, peserta aksi melakukan long march menuju Jalan HZ Mustofa, Tugu Asmaul Husna, Tentara Pelajar, Citapen, Alun-Alun dan kembali ke Taman Kota.


Doa bersama untuk Palestina di Taman Kota Tasikmalaya, Jumat 10 November 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Sebelum longmarch, puluhan ribu massa melalukan doa bersama untuk Palestina yang dipimpin Ketua MUI Kota Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi.

Korlap Aksi Bela Palestina, Asep Rizal Asyari mengatakan, aksi ini diikuti oleh 30 Organisasi Mitra Kementerian Agama (Kemenag), didukung oleh ormas dan organisasi lintas agama.

"Aksi ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap Palestina. Karena apa yang di Palestina bukan sekadar perang agama. Tapi adalah kejahatan kemanusiaan yang harus kita lawan," ujarnya disela aksi.

Terang dia, apa yang dilakukan dengan aksi hari ini di Kota Tasikmalaya adalah sebuah pesan kepada dunia dan PBB bahwa apapun yang terjadi di Palestina, warga Tasikmalaya ingin mendeklarasikan diri.

BACA JUGA:Santer Akan Gabung Persib, Harga Transfer Asnawi Mangkualam Jauh Lebih Murah dari Marc Klok

"Kita sepenuhnya mendukung kemerdekaan Palestina. Kejahatan yang dilakukan oleh Israel harus diangkat ke Mahkamah Internasional," terangnya.

"Karena amanat Undang-Undang Dasar negara kita bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan," sambungnya.

Sementara itu Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan yang turut berorasi juga membacakan pernyataan sikap masyarakat Kota Tasikmalaya dalam aksi bela Palestina tersebut. 

Diantaranya adalah menuntut agar peperangan dan tindak kejahatan kemanusiaan di Palestina, segera dihentikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: