Usai Apresiasi Pendiri Kota Tasikmalaya, Penjabat Wali Kota Akan Buat Film Dokumenter Pembentukan Daerah

Usai Apresiasi Pendiri Kota Tasikmalaya, Penjabat Wali Kota Akan Buat Film Dokumenter Pembentukan Daerah

Para Perintis Pembentukan Kota Tasikmalaya usai Upacara Hari Jadi di Bale Kota, Selasa 17 Oktober 2023. Diskominfo Kota Tasikmalaya--

Usai Apresiasi Pendiri Kota Tasikmalaya, Penjabat Wali Kota Akan Buat Film Dokumenter Pembentukan Daerah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Seusai memberikan apresiasi berupa penghargaan terhadap para tokoh perintis pendirian Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya sedang menggarap film pendek tentang Kota Resik.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah menjelaskan, penggarapan film ini ditarget dapat selesai di penghujung tahun 2023. 

Timnya telah ditugaskan untuk melakukan penelusuran sejarah kepada beberapa tokoh yang terlibat dalam proses pendirian kota ini. 

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Kota Tasikmalaya Turun Signifikan, Cheka Kebut Tuntaskan Program Lainnya

"Indahnya kota dan majunya daerah ini, tidak terlepas dari para pencetusnya. Dulu ada para pendirinya, maka dari itu kita buat program bagaimana menghargai pendiri Kota Tasikmalaya ini," ujar Cheka, Rabu 18 Oktober 2023.

Menurutnya, pembuatan film dokumenter atau film pendek itu akan mengisahkan perjalanan berdirinya Kota Tasikmalaya. 

Film tersebut mencakup cerita tentang rintisan awal, peran tokoh-tokoh utama, serta peristiwa penting lainnya yang menjadi bagian dari sejarah Kota Tasikmalaya. 

"Dari mana awal pembentukan kota ini, berpisah dengan Kabupaten Tasikmalaya. Kalau ngopi, para perintis ini ngopi di mana membahas pemisahannya? surat pertama kali siapa yang mengantarkan? kita akan coba ceritakan di sana," terangnya.

BACA JUGA:Presiden Iran: Api dari Bom Israel yang Mengancurkan Rumah Sakit Al-Ahli Akan Menghanguskan Kaum Zionis

Cheka berharap dengan adanya literasi audio visual terkait pembentukan daerah, diharapkan para generasi penerus bisa terus mempertahankan dan melanjutkan estapeta daerah otonomi yang sudah berusia 22 tahun ini agar semakin baik lagi. 

"Juga menghargai bagaimana perjuangan dan peran para tokoh founding father. Selaku penerus kita bisa senyam-senyum menikmati kemajuan kota seperti ini karena ada peran-peran tokoh itu," harapnya.

Sebelumnya di momen Upacara Hari Jadi ke-22 di Bale Kota, sebagai bagian dari upaya mengenang sejarah berdirinya Kota Tasikmalaya, sejumlah tokoh perintis pendiri kota mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya. 

Para tokoh tersebut menerima penghargaan ini sebagai bentuk penghormatan atas peran dan kontribusinya dalam proses pendirian Kota Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: