Cegah Perundungan, Puluhan Perwira Polres Tasikmalaya Kota Datangi Sekolah-Sekolah

Cegah Perundungan, Puluhan Perwira Polres Tasikmalaya Kota Datangi Sekolah-Sekolah

Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol Dhoni Erwanto menjadi Inspektur Upacara di SMPN 1 Kota Tasikmalaya, Senin 2 Oktober 2023. Istimewa--

Cegah Perundungan, Puluhan Perwira Polres Tasikmalaya Kota Datangi Sekolah-Sekolah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sejumlah Perwira Polisi Polres Tasikmalaya Kota melakukan kunjungan ke berbagai sekolah, Senin 2 September 2023 untuk mencegah kasus perundungan.

Upaya pencegahan terhadap perundungan ini dilaksanakan melalui penyuluhan dan pembinaan mengenai bahaya bullying diantara pelajar di berbagai sekolah, khususnya di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP SY Zainal Abidin melalui Waka Polres, Kompol Dhoni Erwanto, menjelaskan bahwa sosialisasi stop bullying bagi pelajar merupakan langkah penting untuk mencegah kekerasan di antara siswa.

BACA JUGA:Usai Hari Pertama Penerbangan Kembali Dimulai, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Langsung Tancap Gas

"Kami hari ini secara serentak melibatkan sejumlah perwira dan Kapolsek dari Polres Tasikmalaya Kota sebagai inspektur upacara di berbagai sekolah di wilayah hukum kami," ujar Dhoni usai menjadi Inspektur Upacara di SMPN 1 Kota Tasikmalaya.

Menurutnya, penyuluhan dan sosialisasi seperti ini telah terbukti efektif dalam mencegah bullying dan perundungan di kalangan pelajar.

"Kami sangat menekankan bahwa bullying tidak boleh diabaikan atau dianggap hal yang biasa karena dapat memiliki dampak negatif jangka panjang terhadap kesejahteraan psikis korban," terang Dhoni.

Kompol Dhoni juga menjelaskan bahwa ketika berada di sekolah, pihaknya membahas perilaku remaja, pergaulan yang tidak mencerminkan karakter baik, dan kurangnya etika serta penghargaan terhadap teman dan orang lain.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Ibu-Ibu Sukajadi Tasikmalaya Diberikan Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal

"Selain itu, kami juga membahas dampak negatif media sosial dan penyebaran berita palsu atau hoaks, yang memiliki dampak serius pada keamanan dan ketertiban masyarakat," tambahnya.

Waka Polres juga menekankan pentingnya berperilaku bijak dalam penggunaan media sosial serta lebih menghargai guru dan teman-teman sebaya.

Lebih lanjut, Kompol Dhoni mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah diselenggarakan secara serentak di semua sekolah di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota, melibatkan 25 Perwira Polres dan 19 Kapolsek dari jajaran Polres Tasikmalaya Kota.

"Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman bahwa tindakan perundungan atau bullying adalah perilaku yang sangat berbahaya dan melanggar hukum," jelas Dhoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: