Jalan Tol Getaci Harapan Besar Warga Kota Tasik, Kata Ketua DPRD: Bersiap dari Sekarang

Jalan Tol Getaci Harapan Besar Warga Kota Tasik, Kata Ketua DPRD: Bersiap dari Sekarang

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H. Aslim S.H.-Foto: istimewa -

BACA JUGA:Keuntungan Konser Dewa-19 di Tasikmalaya Disetor 2,5 Persen ke Baznas

Politisi senior dari Fraksi Gerindra ini, menceritakan bahwa masih ada beberapa bangunan pemerintah yang memiliki fungsi untuk pelayanan publik, kondisinya masih minim.

Dicontohkan Aslim, masih ada kantor-kantor kelurahan, Puskesmas yang fasilitas dan bangunnya belum memadai. Sehingga hal ini pun harus menjadi perhatian bersama.

“Ada 69 kelurahan di Kota Tasikmalaya, apakah kondisi bangunanya semua sudah bagus? Cek juga fasilitasnya karena mereka memberikan pelayanan langsung pada masyarakat."

"Kemudian juga Puskesmas, dicek juga apakah bangunan-bangunannya masih layak, kemudian fasilitasnya sudah sesuai dengan standar yang harus disediakan? Itu juga harus kita cek lagi. Bila belum itu harus menjadi prioritas,” ungkap Aslim, ketika diwawancara belum lama ini.

BACA JUGA:UNIK Tampang Mobil Listrik Honda di IEMS 2023 Bogor

DPRD, kata Aslim, memang tidak memiliki kewenangan secara teknis. Akan tetapi DPRD memiliki tiga tugas pokok dan fungsi atau tufoksi yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Salah satu tugas pengawasan DPRD adalah bersama-sama dengan mitra kerja dai pihak eksekutif untuk memberikan masukan terkait kebijakan yang diambil pemerintah.

Aslim juga menyampaikan agar pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya berbasis pada peningkatan pelayanan publik.

Melalui mitra kerja dari alat kelengkapan di DPRD, secara rutin melakukan evaluasi bersama atas berbagai program dan kebijakan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Rudi Garcia Kesal Napoli Tak Membunuh SC Braga Lebih Cepat: Kami Mencetak Satu Setengah Gol

Berkaitan dengan tufoksi penganggaran, kata Aslim, saat ini kondisi anggaran di Kota Tasikmalaya dalam keadaan defisit.

Namun demikian, kondisi defisit ini tidak hanya dialami Kota Tasikmalaya saja, akan tetapi juga di rasakan oleh banyak daerah. Salah satu penyebabnya adalah pemulihan pasca Pandemi Covid-19 yang belum pulih seperti sediakala.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan langkah-langkah strategis. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk bisa mengantisipasi defisit anggaran yang terjadi saat ini.

Salah satunya, kata Ketua DPRD Kota Tasikmalaya adalah mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang saat ini masih bisa dikatakan kecil. Karena untuk anggaran Kota Tasikmalaya, masih mengandalkan anggaran dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: