Wujudkan Energi Berkelanjutan Kementerian ESDM Berikan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi

Wujudkan Energi Berkelanjutan Kementerian ESDM Berikan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi

Pelaksanaan penjurian proposal peserta Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi.-Foto: istimewa-

Wujudkan Energi Berkelanjutan Kementerian ESDM Berikan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi

BOGOR, RADARTASIK.COM – Wujudkan energi berkelanjutan Kementerian ESDM berikan penghargaan Bidang Efisiensi Energi.

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PBSE) adalah salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemilik kepentingan yang sudah menerapkan efisiensi energi, konservasi energi, dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Penghargaan ini rutin diberikan setiap tahun sejak tahun 2012, dengan nama yang berbeda yaitu Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN).

BACA JUGA:DI SINI Ada Saldo OVO Gratis Buat Kamu Pengguna OVO, Buruan Ambil Promonya Keburu Habis

Sejumlah proposal telah masuk untuk mengikuti penilaian Penghargaan Bidang Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE).

Dewan juri Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2023 telah memilih calon pemenang peraih penghargaan dari sebanyak 212 proposal yang masuk.

Pengumuman pemenang rencananya diumumkan pada gelaran Malam Penganugerahan PSBE yang akan dilaksanakan pada 29 September 2023. Penjurian final sendiri dilaksanakan selama tiga hari mulai 4 hingga 6 September 2023.

Hendro Gunawan, Koordinator Bimbingan Teknis dan Kerja Sama, Direktorat Konservasi Energi mengatakan dewan juri yang terlibat pada PSBE tahun 2023 ini terdiri dari instansi pemerintah antara lain Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

BACA JUGA:WOW, Plafon Maksimal KUR BSI 2023 Bisa Sampai Rp 500 Juta, Ini Kriterianya

Dari kalangan Asosiasi yaitu Himpunan Ahli Konservasi Energi (HAKE), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Building Owners and Managers Association (BOMA) American Society of Heating, Refrigeration, and Air Conditioning Engineers (ASHRAE), serta perwakilan Akademisi seperti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI).

“Penghargaan Bidang Subroto Bidang Efisiensi Energi merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang telah berhasil menerapkan efisiensi energi."

"Konservasi energi dan penurunan emisi gas rumah kaca. Penghargaan Bidang Subroto Bidang Efisiensi Energi secara rutin dilaksanakan tiap tahun sejak 2012, yang dulu dikenal dengan nama Penghargaan Efisiensi Energi Nasional,” tuturnya.

PBSE dilaksanakan untuk mendorong dan upaya-upaya terbaik pelaksanaan konservasi energi di sektor industri dan bangunan gedung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian esdm