Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi, Pemberdayaan Perempuan oleh LPPM Universitas Siliwangi

Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi, Pemberdayaan Perempuan oleh LPPM Universitas Siliwangi

Ciamis sebagai salah satu sentra penghasil kerupuk menghasilkan limbah minyak jelantah yang melimpah. Upaya kreatif dilakukan melalui pemberdayaan perempuan untuk mengubah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi yang memiliki nilai ekonomi, bersama den-Foto: istimewa-

BACA JUGA:Diturunkan Sebagai Starter, Dua Mantan Pemain Persib Berhasil Bawa PSS Sleman Kembali ke Jalur Kemenangan

Oleh karena itu, pelatihan ini termasuk salah satu implementasi dari prinsip kebermanfaatan tersebut bagi para anggota majelis. Harapannya Desa Sukasenang tidak hanya dikenal dengan kerupuknya, tetapi juga produk kreativitas lain seperti lilin aroma terapi dari limbah minyak goreng yang tersedia di desa tersebut.

Antusiasme anggota Majelis sangat terlihat dan semangat mereka untuk kembali mempraktikkan untuk membuat lilin aroma terapi secara mandiri.

Tim pengabdian juga merekomendasikan perlu adanya sinergi antar anggota, tidak semua harus fokus hanya  memproduksi lilin karena sebagian anggota juga dapat fokus pada strategi marketing termasuk melalui media sosial.

Para peserta menyampaikan rasa terima kasihnya atas pelatihan dan juga berbagai bahan dan peralatan yang diberikan sebagai bekal pembuatan lilin aroma terapi selanjutnya secara mandiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: