Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi, Pemberdayaan Perempuan oleh LPPM Universitas Siliwangi

Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi, Pemberdayaan Perempuan oleh LPPM Universitas Siliwangi

Ciamis sebagai salah satu sentra penghasil kerupuk menghasilkan limbah minyak jelantah yang melimpah. Upaya kreatif dilakukan melalui pemberdayaan perempuan untuk mengubah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi yang memiliki nilai ekonomi, bersama den-Foto: istimewa-

Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi, Pemberdayaan Perempuan oleh LPPM Universitas Siliwangi 

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Tim Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Siliwangi berkolaborasi dengan KOPMU-DT Tasikmalaya berhasil memberdayakan ibu-ibu majelis taklim untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui karya inovatif.

Pada hari Selasa 8 Agustus 2023, tim pengabdian masyarakat LPPM Universitas Siliwangi melaksanakan kegiatan dengan tema pemberdayaan perempuan melalui sociopreneur bersama Koperasi Pemberdayaan Umat Daarut Tauhiid (KOPMU-DT) Tasikmalaya di Desa Sukasenang, Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu para penerima manfaat binaan KOPMU-DT melalui pemberdayaan perempuan melalui produksi lilin aroma terapi dari minyak jelantah yang diikuti oleh 14 ibu-ibu Majelis Taklim Ar-Rahmah. 

BACA JUGA:Tak Mudah Lolos Program BRIDGE, 2 Guru SMAN 3 Kota Banjar Sempat Tertunda untuk Berangkat ke Australia

Para peserta pelatihan pembuatan lilin aroma terapi ini menunjukan antusias luar biasa karena kegiatan ini sangat bermanfaat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Hj. Heni Sukmawati, S.Ag., M.Pd dengan anggota Dr. Iwan Wisandani, SEI., M.Ag.; Fatimah Zahra Nasution, S.E.I, M.A; dan Lu’liyatul Mutmainah, S.E., M.Si. selaku Dosen Universitas Siliwangi yang juga melibatkan para mahasiswa. 

Untuk mendukung proses berkelanjutan dari pelatihan ini, tim pengabdian masyarakat dari LPPM Universitas Siliwangi juga membekali para peserta pelatihan dengan modul yang berisi manfaat lilin aroma terapi dan tata cara proses pembuatannya.

Selain itu, monitoring dan evaluasi berkala juga dilakukan melalui kerjasama dengan pihak KOPMU-DT Tasikmalaya.

Iwan Wisandani, Ketua Pelaksana pelatihan berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan tidak hanya menambah keahlian tetapi juga menghasilkan pendapatan tambahan bagi para ibu-ibu majelis.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif Anak Mulititalenta dari Kota Banjar, Malahayati Model Cilik yang Piawai Menyanyi

Potensi lilin aroma terapi dapat digunakan oleh semua kalangan, dapat digunakan secara individu sebagai pengharum ruangan yang menenangkan ataupun untuk pesanan jumlah besar seperti souvenir acara pernikahan atau lainnya.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Siliwangi sekaligus narasumber pelatihan lilin aroma terapi, Heni Sukmawati berharap sinergi yang dilakukan bersama KOPMU-DT dapat meningkatkan keahlian terkait potensi minyak jelantah tersebut untuk kegiatan pemberdayaan perempuan.

Narasumber juga mengingatkan terkait bahaya minyak jelantah untuk lingkungan jika dibuang begitu saja.

Tatang Syafaat, Kepala KOPMU-DT Tasikmalaya menekankan pentingnya prinsip kebermanfaatan dalam melakukan pembinaan terhadap ibu-ibu anggota Majelis Ar-Rahmah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: