Jalan Tol Getaci Jadi Solusi Akses Transportasi Masyarakat Ciamis, Berharap Banyak Investor Datang

Jalan Tol Getaci Jadi Solusi Akses Transportasi Masyarakat Ciamis, Berharap Banyak Investor Datang

Lokasi Taman Raflesia sebagai salah satu ikon Kabupaten Ciamis. Salah satu solusi untuk bisa mendatangkan investor ke Ciamis adalah pembangunan jalan Tol Getaci.-Foto:tangkapnalayar/dok map-

BACA JUGA:Fenomena Langka 2 Supermoon Terjadi di Agustus 2023

Serta yang ketiga adalah konektivitas antar wilayah atau antar daerah.  Kabupaten Ciamis yang berada di wilayah Selatan Jawa Barat memiliki akses transportasi yang sulit, sehingga salah satu yang bisa menjadi solusinya adalah dengan pembangunan jalan tol Getaci, yang sedang dalam tahapan pelaksanaan pembangunan.

Rencana pembangunan jalan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) saat ini masih dalam proses persiapan tender. 

Tetapi, informasi mengenai rute dan exit tol Getaci sudah tersebar di tengah publik, dan menunjukkan bahwa Kabupaten Ciamis akan memiliki 2 exit tol yang berbeda.

Sebelumnya, pemerintah Ciamis mengungkapkan bahwa lokasi exit Tol Getaci di Ciamis akan berada di Kecamatan Pamarican dan Kecamatan Cimaragas. 

BACA JUGA:Levy Madinda Buka-Bukaan tentang Bojan Hodak, Siap Diturunkan untuk Laga Persib vs Bali United

Namun, dalam wawancara dengan wartawan pada Senin, 10 Juli 2023, pihak Dinas PUPR menyebutkan bahwa exit Tol Getaci di Kabupaten Ciamis berlokasi di Kelurahan Linggasari.

"Saat ini terdapat dua lokasi rencana exit Tol Getaci, yaitu di Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya, dan Kelurahan Linggasari, Kabupaten Ciamis," jelas Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Ciamis, Hilman Hidayat dikutip dari Radartasik.id. 

Kabarnya exit Tol Getaci di Kecamatan Pamarican tetap ada dan dirancang sebagai pintu masuk ke wilayah Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, memastikan bahwa pintu exit tol Getaci berada di Jalan Gubernur Sewaka. 

BACA JUGA:Berikan Energi Positif di Persib, Levy Madinda Disukai Bobotoh Persib, Disamakan dengan Makan Konate

Pembangunan jalan tol Getaci masih diprioritaskan dari arah Gedebage menuju Tasikmalaya dan dilanjutkan ke Ciamis, Jawa Barat.

Total panjang Tol Getaci yang sedang dalam tahap persiapan tender adalah 108,3 kilometer, dengan nilai investasi sebesar Rp37,64 triliun. 

Tol Getaci akan melintasi dua provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat dengan panjang 171,40 km, dan Provinsi Jawa Tengah dengan panjang 35,25 km, dan menjadikannya sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Rencananya, jalan tol ini akan memiliki 2x2 lajur jalan dengan lebar 3,6 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: