Rahasia Sukses Meningkatkan Kesejahteraan Para Petani di Kabupaten Kuningan

Rahasia Sukses Meningkatkan Kesejahteraan Para Petani di Kabupaten Kuningan

Rahasia sukses meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Kuningan.-Radarcirebon.com-

Rahasia Sukses Meningkatkan Kesejahteraan Para Petani di Kabupaten Kuningan

RADARTASIK.COM – Usaha sektor pertanian, perkebunan dan hortikultura merupakan potensi besar di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Namun, potensi ini belum dimaksimalkan dengan baik, sehingga banyak pelaku usaha di sektor-sektor tersebut yang masih hidup di bawah garis kemiskinan

Dari total penduduk sekitar 1,2 juta jiwa, tingkat kemiskinan di Kabupaten Kuningan diperkirakan mencapai 13,10 persen.

BACA JUGA:Melihat Daisuke Sato Menangis di Ruang Ganti Persib, Bobotoh Ikut Teteskan Air Mata: Bojan Hodak Kapan Melatih

Kondisi ini semakin rumit karena sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang terkait erat dengan persoalan kemiskinan.

Lebih dari 50 persen warga miskin di Kabupaten Kuningan bekerja di sektor pertanian, sebagai petani, buruh tani, dan pelaku di sektor perkebunan.

Potensi di sektor pertanian dan perkebunan belum teraktualisasi dengan baik, sehingga pendapatan para petani masih di bawah garis kemiskinan.

Untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan mengembangkan sektor pertanian, Kabupaten Kuningan perlu mendatangkan investasi dari para investor.

BACA JUGA: Profil Mantan Bintang Persik Kediri di Skuad Persib Saat Ini, Janjinya Membuat Bobotoh Bangga

Suntikan dana dari investasi tersebut akan lebih efektif daripada hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

Sebanyak 85 persen APBD Kabupaten Kuningan diperoleh dari dana transfer dari pemerintah pusat, sehingga kekuatan daerah ini tergantung pada investasi.

Investasi di sektor pertanian, khususnya agriculture investment, dianggap sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kemiskinan dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kuningan.

Pengembangan produk olahan dari komoditas pertanian dan perkebunan akan meningkatkan nilai tambah dari komoditas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: