Mother Bank, Girl Band Emak-emak Viral Asal Majalengka Dengan Penampilan Nyentrik

Mother Bank, Girl Band Emak-emak Viral Asal Majalengka Dengan Penampilan Nyentrik

Tangkap Layar girl band mother bank.-istimewa-Akun Youtube yes no wave music

RADARTASIK.COM-Mother Bank adalah sebuah girl band emak-emak asal Majalengka yang menjadi viral di media sosial melalui video klip lagu berjudul "Jalan-jalan."

Sebelum lagu ini muncul, Mother Bank terbentuk sebagai sebuah inisiatif yang berawal dari kritik terhadap fenomena sosial Bank Emok.

Pada saat pandemi COVID-19 tahun 2020, banyak ibu-ibu terjerat dengan bank emok atau bank keliling.

Maka dari itu, Mother Bank berdiri dengan tujuan memberikan pinjaman bunga 0 persen, namun mereka diajak berkegiatan menanam singkong dan membuat pangan olahannya sebagai bentuk pengembalian pinjaman.

BACA JUGA:Curhatan Bobotoh: ’Persib yang Kami Kenal Itu Spartan dan Kuat di Semua Lini, Klub Papan Atas Sesungguhnya’

Pada tahun pertama, kegiatan Mother Bank lebih fokus pada mengolah dan mengelola kebun bersama, dengan menanam singkong dan mengolahnya menjadi berbagai olahan.

Pada tahun kedua, ada obrolan dengan Aaf, yang menggeluti musik keramik di Jatiwangi Art Factory (JAF).

Akhirnya, ide untuk membuat grup musik muncul agar ibu-ibu bisa menyuarakan isi hati dan kesehatiannya melalui musik.

Kostum yang digunakan dalam video klip Mother Bank yang viral disesuaikan dengan konsep cerita dari video klip itu sendiri.

BACA JUGA:Kendaraan Hilang Saat Parkir Tanggung Jawab Siapa? Begini Penjelasan BPKN

Kostum tersebut dirancang untuk lebih artistik dan menceritakan perjalanan ibu-ibu yang awalnya terjerat oleh bank emok dan kemudian berhasil mendirikan bank sendiri.

Mother Bank tidak hanya sebatas sebuah grup musik, tetapi juga berfungsi sebagai bank yang dikelola bersama oleh para ibu-ibu di Kampung Wates, Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Mereka memberikan pinjaman bunga 0 persen dan menjadi wadah bagi ibu-ibu di kampung untuk belajar, berbagi, tumbuh, mencipta, dan bergerak bersama-sama.

Selain menyuarakan masalah keuangan yang dihadapi oleh ibu-ibu sebagai nasabah bank keliling, Mother Bank juga menggali potensi dalam bidang seni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: