Dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang Siap Diresmikan September 2023

Dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang Siap Diresmikan September 2023

Untuk dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang akan diresmikan September 2023.-Kementerian PUPR-

BACA JUGA: Sejarah Luis Milla di Persib, Belum Genap Satu Musim Sudah Mundur, Sebenarnya Ada Apa?

”Pemerintah Kabupaten Sumedang juga sudah memploting pertemuan Tol Cisumdawi dengan Tol Cipali sebagai pusat kegiatan kawasan industri Sumedang. Nanti air bakunya kita ambil dari Bendungan Cipanas,” kata dia.

Bendungan multifungsi ini juga memiliki manfaat untuk menyuplai  air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare, khususnya di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung dan Cibunut. 

Dukungan air irigasi dari bendungan diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam petani. Sebelumnya, para petani di daerah irigasi tadi menggunakan metode tadah hujan yang hanya menghasilkan satu kali panen dalam setahun.

”Eksisting ada dua daerah irigasi yang sudah siap DI Cipanas 1 dan Cipanas 2 sekitar 6.973 hektare  dan kita juga mengembangkan DI Cikawung di Indramayu sisi kiri seluas 1.000 hektare, dan DI Cibunut sekitar 1.300 di Sumedang,” kata dia.

BACA JUGA: Baladewa Baladewi Bandung Gaskeun, Dewa19 Bakal Tampil Featuring Musisi Legendaris Dunia

Dwi mengatakan saat ini masih ada sedikit perapihan kondisi Bendungan Cipanas. ”Kita sedang lakukan pekerjaan lansekap dan perbaikan jalan akses menuju bendungan. Semoga satu bulan ke depan sudah selesai,” ujarnya.

Pembangunan Bendungan Cipanas Sumedang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya – PT Jaya Konstruksi KSO yang fokus pada pembangunan tubuh bendungan.

Sedangkan PT Brantas Abipraya (Persero) membangun infrastruktur pendukung. Secara keseluruhan anggaran pembangunan Bendungan Cipanas Sumedang sebesar Rp2,03 triliun.

Dengan luas genangan 1.315,95 hektare, bendungan tipe urugan inti tegak ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tampungan air pengendali banjir untuk wilayah Indramayu dan sekitarnya.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Resmi Luis Milla Mundur dari Persib, Ini Alasannya

Karena, mampu mengurangi debit banjir sebesar 488 m3 per detik dan memiliki potensi pembangkit listrik sebesar 3 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: