Dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang Siap Diresmikan September 2023

Dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang Siap Diresmikan September 2023

Untuk dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang akan diresmikan September 2023.-Kementerian PUPR-

Dukung Kawasan Segitiga Rebana, Bendungan Cipanas Sumedang Siap Diresmikan September 2023

SUMEDANG, RADARTASIK.COM – Untuk mendukung kawasan segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai infrastruktur.

Kawasan Segitiga Rebana berada di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Sumedang di Provinsi Jawa Barat.

Infrastruktur untuk mendukung Kawasan segitiga Rebana, pertama adalah konektivitas Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa 11 Juli 2023.

BACA JUGA: Aef Sarifudin dan Iron Saroni Resmi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ini yang Akan Dilakukannya?

Kedua, saat ini tengah dilakukan penggenangan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Manfaat Bendungan Cipanas Sumedang adalah untuk kebutuhan air baku sebesar 850 liter per detik bagi Bandara Kertajati, kawasan permukiman dan kawasan industri di Kawasan Rebana.

Endra S Atmawidjaja, staf ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan mengatakan konstruksi Bendungan Cipanas sudah selesai fisiknya 98% dan sejak Mei 2023 sudah mulai digenangi air.  

”Dengan curah hujan yang ada, diharapkan pada bulan Oktober 2023 sudah bisa mencapai level intake. Jika peresmian dilakukan akhir Agustus 2023 level air sudah cukup tinggi,” ujar Juru Bicara Kementerian PUPR ini.

BACA JUGA: Luis Milla Mundur dari Persib, Dua Staf Pelatih Asal Spanyol Juga Ikut Mundur, Manajemen Hormati Keputusannya

Endra menambahkan Bendungan Cipanas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan untuk siap diresmikan pada bulan September 2023.

”Kita tunggu tentunya informasi dari Istana untuk kunjungan kerja berikutnya ke Jawa Barat, antara lain untuk agenda peresmian Bendungan Cipanas yang sangat penting ini, terutama untuk menjamin pasokan air ke daerah-daerah irigasi, permukiman dan industri,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Dwi Agus Kuncoro mengatakan Bendungan Cipanas memiliki kapasitas tampung sebesar 250,81 juta m3 atau 10 kali lebih besar dari Bendungan Kuningan yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2021.

Dengan kapasitas tampung yang besar tersebut, Bendungan Cipanas diproyeksikan dapat memenuhi air baku untuk kawasan industri di Kabupaten Sumedang sebesar 650 liter per detik dan kebutuhan air minum masyarakat Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu sebesar 200 liter per detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: