ENAKNYA Bansos Baru Langsung Diantar ke Rumah Setiap Hari

ENAKNYA Bansos Baru Langsung Diantar ke Rumah Setiap Hari

Asyiknya bansos baru langsung diantar ke rumah setiap hari.-palpres.com-

BACA JUGA: Polisi di Kota Tasikmalaya Gerebek Pesta Minuman Keras di Kamar Kosan

Target sasarannya 100.000 orang untuk bantuan permakanan lanjut usia dan 33.774 untuk bantuan permakanan disabilitas.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi, program ini diharapkan mampu menekan angka pengeluaran pangan bagi para lanjut usia dan disabilitas.

Dia juga menerangkan data menunjukkan banyak lanjut usia dan disabilitas tinggal sendiri di berbagai daerah di tanah air.

Mereka rentan mengalami ketelantaran, kelaparan, keterasingan, bahkan meninggal dunia tanpa diketahui pihak lain.

BACA JUGA: Jangan Anggap Remeh, Ketahui 5 Kebiasaan yang Dapat Menimbulkan Rasa Cemas, Nomor 5 yang Sering Dilakukan

Program permakanan menjadi salah satu terobosan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam upaya melakukan pengentasan kemiskinan dan perlindungan sosial. 

Kemensos telah menetapkan 100.000 lansia tunggal yang tersebar di seluruh tanah air untuk mendapatkan bantuan permakanan pada tahun anggaran 2023.

Pepen menekankan program pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi para lanjut usia tunggal dan disabilitas sejalan dengan program prioritas Kemensos yakni pemenuhan kebutuhan dasar kelompok rentan yaitu lansia tunggal dan penyandang disabilitas.

Penerima permakanan lanjut usia maupun disabilitas merupakan masyarakat miskin dan tidak mampu yang NIK-nya sudah terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

BACA JUGA: Gonjang-ganjing Al Zaytun, Dahlan Iskan Tegaskan Kebenaran Baru yang Datang dari Persepsi

Adapun untuk lansia tunggal minimal berusia 75 tahun atau lebih.

Sementara Salahuddin Yahya, Sekretaris Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, menyatakan program permakanan ini juga bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan solidaritas serta gotong royong dengan menggerakkan kelompok masyarakat dalam pelaksanaannya.

Program ini secara paralel memberikan manfaat lebih, memberikan makanan, menumbuhkan kesetiakawanan sosial karena masyarakat bisa merangkul kembali tetangga yang merupakan lansia atau disabilitas dan menumbuhkan enterpreneurship karena ada perputaran ekonomi di pihak pokmas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: