Waduh Warga Kota Tasikmalaya yang Sekolah Sampai Kuliah Tenyata Masih Minim

Waduh Warga Kota Tasikmalaya yang Sekolah Sampai Kuliah Tenyata Masih Minim

Salah satu Universitas Negeri yang ada di Kota Tasikmalaya adalah Universitas Siliwangi.-foto:tangkapanlayar/dok unsil-

BACA JUGA:Trik Jitu Cheka Kendalikan Laju Inflasi di Kota Tasikmalaya

Kemudian ditambah dengan Madrasyah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 55 sekolah sehingga total sekolah SD dan MI sebanyak 286 sekolah.

Untuk jenjang SMP sederajat, ketersediaan sekolah di Kota Tasikmalaya mengalami perubahan yang fluktuatif dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021.

Jumlah SMP Negeri dan Swasta ditambah dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di tahun 2017 adalah 125 sekolah, tahun 2018 129 sekolah, di tahun 2019 ada 130 sekolah di tahun 2020 ada 152 sekolah dan di tahun 2021 ada 132 sekolah.

Warga Kota Tasikmalaya usia 25 tahun ke atas, rata-rata lama sekolah hanya sampai kelas I SMA sederajat.

BACA JUGA:Mantan Kapolres Tasikmalaya Kota Jadi Kabaintelkam Polri, Komjen Agus Andrianto Jadi Wakapolri

Angka rata-rata lama sekolah adalah jumlah tahun yang dihabiskan oleh penduduk usia 15 tahun ke atas untuk menempuh jenjang pendidikan yang pernah dijalani.

Untuk warga Kota Tasikmalaya yang tamat SD diperhitungkan lama sekolahnya selama 6 tahun, untuk warga Kota Tasikmalaya yang sekolahnya tamat SMP diperhitungkan lama sekolah 9 tahun sedangkan untuk warga Kota Tasikmalaya yang tamat SMA diperhitungkan lama sekolah selama 12 tahun. Angka perhitungan tersebut tanpa menghitung adanya tinggal kelas atau tidak.

Capaian angka rata-rata lama sekolah warga Kota Tasikmalaya dari tahun 2017 hingga tahun 2021 memamng mengalami peningkatan. 

Di tahun 2017 capaian rata-rata angka lama sekolah warga Kota tasikmalaya untuk usia 15 tahun ke atas hanya di 9,03 tahun yang artinya rata-rata lama sekolah warga Kota Tasikmalaya hanya sampai kelas III SMP sederajat.

BACA JUGA:Iwa Kurniawan Terpilih Menjadi Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya Periode 2022-2027

Di tahun 2021 rata-rata lama sekolah warga Kota Tasimalaya meningka menjadi 9,52 tahun, artinya warga Kota Tasikmalaya usia 25 tahun ke atas telah menyelesaikan sekolah hingga kelas I SMA sederajat.

Selain rata-rata lama sekolah warga Kota Tasikmalaya da juga yang disebut dengan harapan lama sekolah.

Harapan lama sekolah warga Kota Tasikmlaya dari tahun 2017-2021 ters mengalami perbaikan dan peningkatan ada di siaran angka 13,4 tahun sampai dengan 13,46 tahun.

Artinya anak-anak Kota Tasikmalaya di usia 7 tahun saat ini, di mas yang akan datang mampu menamatkan pendidikan hingga jenjang D1 atau D2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber