Bupati Ciamis Lepas 352 Jamaah Haji Kloter 60 JKS Berangkat Ke Tanah Suci

Bupati Ciamis Lepas 352 Jamaah Haji Kloter 60 JKS Berangkat Ke Tanah Suci

Sebanyak 352 jemaah calon haji Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam kloter 60 JKS diberangkatkan menuju asrama haji Bekasi, Kamis (15/6/2023).-IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA-radartasik.disway.id

CIAMIS, RADARTASIK.COM-Sebanyak 352 jamaah calon haji Kabupaten CIAMIS yang tergabung dalam kloter 60 JKS diberangkatkan menuju asrama haji embarkasi Bekasi untuk selanjutnya diberangkatkan menuju tanah suci pada Kamis tanggal 15 Juni 2023 pagi.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, melepas para jamaah haji tersebut di Gedung KH Irfan Hielmy. Dalam rombongan ini juga turut serta Wakil Bupati Ciamis, dan Yana D Putra bersama isteri, yang masuk dalam jadwal keberangkatan haji tahun ini.

Sebelum keberangkatan, Herdiat memberikan pesan kepada para jamaah agar tetap fokus dalam melaksanakan ibadah dan menghindari hal-hal yang tidak perlu atau kurang bermanfaat.

“Sebaiknya bapak ibu di sana lebih membatasi kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dan lebih fokus pada kegiatan-kegiatan ibadah haji  berikut ibadah-ibadah sunahnya,” ungkap dia.

BACA JUGA:Bus dari Ciamis Ini Super Keren Punya Nama ‘Pintu Keselamatan dan Kesejahteraan’

Ia menekankan bahwa ibadah haji membutuhkan kekuatan dan ketahanan fisik yang baik, terutama mengingat perbedaan cuaca dan kondisi di tanah suci yang lebih panas pada siang hari dan lebih dingin pada malam hari dibandingkan di Indonesia.

“Cuaca di sana cukup panas. Di Ciamis 29 derajat celcius juga sudah panas. Di sana kondisi saat ini lebih dari 40 derajat celcius. Makanya bapak ibu saya titipkan harus makan minum teratur dan bergizi. Apalagi jutaan umat muslim dari seluruh dunia akan berkumpul disana untuk sama-sama melaksanakan ibadah haji,” paparnya.

Selain itu, Herdiat juga berpesan agar para jamaah saling membantu dan menjaga satu sama lain ketika berada di tanah suci, terutama mengingat mayoritas jamaah haji dari Kabupaten Ciamis yang berangkat tahun ini adalah lansia.

“Kepada jemaah yang masih muda saya berpesan untuk saling tolong menolong sesama jemaah, terutama kepada mereka para jemaah yang sudah lansia,” pintanya.

BACA JUGA:Sekda Tasikmalaya Tegaskan Jangan Ada Lagi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tak Maksimal karena Kamar Penuh

Herdiat juga mendoakan agar para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan selamat. Sebagai perwakilan pemerintah, ia berdoa agar para jemaah menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Drs H Usep Saepudin Muhtar, menyebutkan bahwa calon jamaah haji Ciamis kloter 60 JKS dijadwalkan tiba di asrama haji embarkasi Bekasi pada pukul 17.05 sore.

Rombongan tersebut terdiri dari 165 laki-laki dan 187 perempuan yang berasal dari beberapa KBIH, antara lain Al-Mu’awanah Rajadesa, Al-Karomah Panumbangan, Nurul Huda Panjalu, dan Al-Ihsan Kawali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: