Sekda Tasikmalaya Tegaskan Jangan Ada Lagi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tak Maksimal karena Kamar Penuh

Sekda Tasikmalaya Tegaskan Jangan Ada Lagi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tak Maksimal karena Kamar Penuh

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen saat melepas jemaah haji di Islamic Center Jumat 16 Juni 2023. ujang nandar / radartasik.com--

Sekda Tasikmalaya Tegaskan Jangan Ada Lagi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tak Maksimal karena Kamar Penuh

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen mengaku tak ingin mendengar ada informasi bahwa pelayanan kesehatan di Puskemas tak bisa dilakukan maksimal karena kamar penuh.

"Saya tidak ingin mendengar lagi kejadian hal seperti itu (pasien tak dilayani karena kamar Puskesmas penuh, Red). Ini berlaku di semua Puskesmas ya," ujarnya kepada radartasik.com yang ditemui di Islamic Center usai pelepasan jemaah haji, Jumat 16 Juni 2023.

Mohamad Zen meminta kepada seluruh petugas Puskemas di Kabupaten Tasikmalaya untuk meningkatkan pelayanan. 

BACA JUGA:PENGAKUAN Luis Milla Menyejukkan Usai Persib 3 Laga Uji Coba: Inilah Pemain-Pemain Saya Inginkan

Bahkan, Zen mewajibkan untuk melakukan jemput bola bila mendapatkan informasi ada masyarat yang sakit dan butuh pelayanan kesehatan. 

"Saya minta masyarakat yang sakit tidak boleh terabaikan. Jangan ada alasan kamar penuh seperti yang terjadi di Kecamatan Sodonghilir," terangnya.

Petugas Puskemas, menurut dia, jangan terlalu mudah menyebutkan kamar penuh dan berimbas terhadap pelayanan kesehatan terabaikan. Apalagi kondisinya darurat seperti yang terjadi di Puskemas Sodonghilir.

"Dilayani dulu pasiennya ya. Jangan sampai hal itu (kejadian di Sodonghilir) terjadi kembali dan urusam koordinasi pun harus lebih ditingkatkan antar pimpinan," sarannya.

BACA JUGA:ASLI Bandung, Penyerang Persib Alumni Inggris Fantasis, Bersyukur Langsung Cetak Gol di Laga Uji Coba

Jelas Zen, setiap Puskemas juga harus bisa mengoptimalkan Puskemas Pembantu (Pustu). Apalagi saat ini pemerintah terus melakukan pengoptimalan Pustu. 

"Ratusan Pustu sudah kita rehab untuk pelayanan agar lebih meningkat," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, seorang pria bernama Abdul Nasir (45), warga Kampung Cikalapa, Desa Sepatnunggal, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, meninggal dunia dalam perjalanan menuju Puskesmas Taraju, Rabu 14 Juni 2023 malam.

Menurut informasi yang beredar di lapangan, sebelumnya pasien diduga terlambat mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sodonghilir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: