Sosok Ini Disebut ‘Pahlawan’ Tanjakan Gentong, Ada di Lintasan Rute Perjalanan Tasik-Jakarta

Sosok Ini Disebut ‘Pahlawan’ Tanjakan Gentong, Ada di Lintasan Rute Perjalanan Tasik-Jakarta

Slah satu tikungan yang bearad di sekitar Tanjakan Gentong.-Foto: tangkapanlayar/dok radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Tanjakan Gentong yang terkenal ‘horor’ bagi sebagian pengemudi yang melintasinya. Tapi ternyata di Tanjakan Gentong ada sosok yang disebut ‘pahlawan’ oleh para pengemudi.

Tanjakan Gentong kerap sekali terjadi insiden kecelakaan yang menyebabkan kemacetan sehingga menghambat arus lalu lintas di jalur tersebut.

Sehingga arus lalu lintas untuk tujuan rute perjalanan Tasik-Jakarta, Tasik-Bandung ataupun tujuan lain kerap terhambat.

Namun jalur Selatan ini, dimana terdapat Tanjakan Gentong dianggap rute perjalanan Tasik-Jakarta yang tercepat, yang terdekat saat ini. Meskipun ada jalur lain yang dapat dilalui, tapi orang-orang lebih memilih ke jalur ini.

BACA JUGA:Waduh, Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya Ganti Nama Jadi HZ Malioboro?

Di Tanjakan Gentong kerap terjadi kendaraan besar yang tidak bisa naik. Sehingga butuh bantuan pengganjal. Nah, para pengganjal inilah yang kerap disebut ‘pahlawan’ oleh para pengemudi.

Mereka begitu sigap membantu kendaraan yang tidak kuat naik saat ditanjakan, menggunakan kayu pengganjal. 

Tidk hanya membantu para pengemudi saat kendaraan tidak bisa naik, ‘pahlawan’ Tanjakan Getong juga sigap dalam membantu pihak berwajib apabila terja lama lantas di sekitar daerah tersebut.

Meskipun kerap membantu kendaraan yang tidak bisa naik, saat rute perjalanan Tasik-Jakarta atau daerah lainnya, mereka juga tida pernah meminta uang jasa yang besar dari para pengemudi.

BACA JUGA:Wali Kota Banjar Raih Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Jokowi, Kiprah Pembangunan Pertanian

Para pengemudi biasanya memberikan uang jasa seikhlasnya bagi para ‘pahlawan’ Tanjakan Gentong. Alat yang mereka gunakan juga terbilang sederhana, hanya balok-balok kayu yang dijadikan pegangan untuk membantu kendaraan yang tidak bisa naik di Tanjakan Gentong.

Lintasan rute perjalanan Tasik-Jakarta melalui Tanjakan Gentong, harus dilalui oleh semua kendaraan.

Tanjakan Gentong di Tasikmalaya memiliki panjang sekitar 700 meter. Tanjakan ini terletak di jalan raya yang menghubungkan antara Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Meskipun panjangnya relatif pendek, Tanjakan Gentong dikenal karena kemiringannya yang sangat curam, mencapai sekitar 40 derajat, yang membuatnya menjadi tantangan bagi pengemudi kendaraan yang melintasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber