Waduh, Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya Ganti Nama Jadi HZ Malioboro?

Waduh, Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya Ganti Nama Jadi HZ Malioboro?

Plang nama Jalan KHZ Mustofa Kota Tasikmalaya terpasang di jalur pedestrian, Rabu 14 Juni 2023. rezza rizaldi / radartasik.com--

Waduh, Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya Ganti Nama Jadi HZ Malioboro?

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Warga Kota Tasikmalaya sempat dibuat kaget dengan saat mengecek nama Jalan Kyai Haji Zaenal (KHZ) Mustofa atau HZ Mustofa di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya ganti nama jadi HZ Malioboro.

Warga mengecek ada pergantian nama itu saat melihat peta google maps. Ketika mengetik HZ Maliboro maka google maps pun mengarahkan ke HZ Mustofa. Mereka pun kaget.


Tangkapan layar ponsel google maps HZ Malioboro. istimewa--

Namun ketika mengetik di google maps HZ Mustofa yang muncul tetap nama HZ Mustofa. Mungkin, nama HZ Malioboro muncul karena disebut-sebut pedestrian di HZ Mustofa yang mirip dengan Jalan Malioboro di Jogjakarta.

BACA JUGA:NIH! 4 Perusahaan Buka Lowongan Kerja Terbaru di Tasikmalaya, Simak Kualifikasi dan Persyaratannya

Sementara itu saat radartasik.com mengecek ke lokasi, plang jalan itu tetap memasang nama Jalan KHZ Mustofa. Plang itu terpasang di lokasi pedestrisn sebelah kanan.

Walaupun demikian, perubahan ini membuat warga bertanya-tanya serta menyayangkan adanya perubahan nama itu. Karena nama HZ Mustofa telah menjadi ikon utama jalur perdagangan dan pusat perbelanjaan di Kota Tasikmalaya itu.

"Iya kang kaget saya pas ngecek pake aplikasi mau ke Jalan HZ Mustofa kok yang muncul nama Jalan HZ Malioboro," ujar Nabila Anggraini (23), salah seorang warga Mangkubumi, Rabu 14 Juni 2023.

"Saya mau kirim maps ke teman yang baru datang dari Bandung. Teman saya lagi di Stasiun Kereta Api dan janjian mau ketemu saya di Jalan HZ," sambungnya.

BACA JUGA:HORE Kemenag Buka Beasiswa Kuliah Satu Semester di Luar Negeri Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan

Wakil Ketua DPD KNPI Kota Tasikmalaya, Miftah Farid angkat bicara soal ini. Menurut dia, pergantian nama Jalan HZ Mustofa menjadi HZ Maliboro tidak boleh. 

"Itu tidak boleh. Karena itu memang mengandung unsur sejarah, mengandung nilai histori yang sangat kuat dan tak boleh diubah," tuturnya.

"Adapun kalau toh harus diubah maka harus melalui mekanisme. Yaitu misalnya pembuatan Perda," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: