Papua Juara! Ada 400 Bahasa Rekor Pulau Terkaya Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Papua Juara! Ada 400 Bahasa Rekor Pulau Terkaya Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

Rumah Adat Papua bentuknya hampir sama tetapi 400 suku di papua bahasa daerah mereka berbeda-beda.-istimewa-

Papua Juara! Ada 400 Bahasa Rekor Pulau Terkaya Ragam Bahasa Daerah di Indonesia

 

RADARTASIK.COM - Papua sangat kaya keragaman bahasa. Pulau ujung timur nusantara juara jumlah bahasa daerah di Indonesia.

Di provinsi paling timur nusantara ini ada 400-an bahasa yang dituturkan oleh suku-suku berbeda.  Bahasa daerah di Indonesia lainnya kalah ragam.

Bahasa daerah di Indonesia seperti di Papua begitu banyak karena adanya batasan perkembangan masyarakat akibat kondisi geografis wilayahnya. 

Beruntung Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Jadi beragam suku mulai  wilayah Aceh sampai Papua bias dipersatukan dengan bahasa nasional tersebut.

BACA JUGA:Ketahuan Merokok di Madinah, Jemaah Haji Kena Denda Tinggi

Bayangkan saja, ada sekitar 700-an bahasa daerah di Indonesia yang digunakan oleh masing-masing suku. Betapa sulitnya komunikasi kalau tidak ada bahasa pemersatu.

Walaupun bahasa daerah di Indonesia itu termasuk satu rumpun yaitu rumpun Austronesia, tetap kesulitan untuk memahami tiap bahasa. 

Memang ada beberapa kesamaan vokal dari bahasa-bahasa satu rumpun itu. Tetapi hanya sedikit saja sehingga yang mudah berkomunikasi dengan satu bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Berdasarkan daftar bahasa daerah di Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga tahun 2020 terhimpun 718 bahasa daerah yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia yaitu:

BACA JUGA:Luruskan Niat! Agar Ibadah Haji dan Umrah Bisa Hapuskan Dosa

1. Aabinomin Papua

2. Abai Kalimantan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: