Syarat Lomba Poskamling Tingkat Polda Jabar Apa Saja? Warga Mangkubumi Semoga Juara

Syarat Lomba Poskamling Tingkat Polda Jabar Apa Saja? Warga Mangkubumi Semoga Juara

Simulasi penanganan kasus pencurian di Mangkubumi dalam Lomba Poskamling tingkat Polda Jabar, Selasa 23 Mei 2023.-istimewa-radartasik.disway.id

Syarat Lomba Poskamling Tingkat Polda Jabar ini terdiri dari beberapa aspek. Antara lain, kesiapan anggota Poskamling, kesiapan pos jaga (bangunan), seperti yang terlihat di Poskamling Rancamacan. 

Ketua RW 05, Indra Lesmana mengatakan, simulasi yang dilakukan untuk mendapatkan nilai terbaik sebagai syarat Lomba Poskamling Tingkat Polda Jabar. Dia berharap bias juara dalam lomba ini.

“Sebelum dilakukan penilaian, kita melakukan beberapa persiapan. Di antaranya pengecatan ulang tembok pos ronda serta melengkapi buku administrasi. Selain itu, kami juga melengkapi sarana komunikasi seperti kentongan dan lain-lain,” ujar Indra.

Selain simulasi penangkapan pencuri, para anggota Poskamling juga melakukan simulasi mengatasi kebakaran rumah.

"Simulasi ini ditujukan sebagai kesiapan para anggota saat terjadi musibah kebakaran di rumah seorang warga," terangnya.

BACA JUGA:Polisi Ungkap Fakta Pembobol Minimarket di Kota Banjar, Ini Hasil Identifikasi Mobil

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP SY Zainal Abidin melalui Kapolsek Mangkubumi Iptu Hartono menuturkan, pengecekan atas kelengkapan di Poskamling Rancamacan cukup bagus. 

Meski demikian, pihaknya menyatakan masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki atau dibenahi.

“Harapan kami, warga lebih giat melakukan pengamanan lingkungannya dengan melaksanakan kegiatan Poskamling ini," harapnya.

"Yang jelas, jangan sampai ronda malam itu giat hanya pada saat perlombaan saja. Namun, pelaksanaan kegiatan Poskamling ini harus setiap hari dengan penuh kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban lingkungan,” sambungnya.

Pihaknya juga mengimbau bahwa keamanan adalah milik bersama. Karena itu, kegiatan ini selain menjaga keamanan lingkungan juga digunakan sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan tukar informasi.

“Maksimalkan pengawasan terhadap orang asing yaitu orang yang belum dikenal dan masuk di lingkungan ini harus diwaspadai. Dengan adanya lomba ini juga ditujukan untuk mengunggah kesadaran masyarakat bahwa keamanan bukan milik TNI-Polri atau pihak yang lain saja, melainkan milik kita bersama,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: