Warga Tasik ‘Tidak Buang Sampah’ Setelah Tahu Bisa Jadi Cuan, Kirim ke Bank Sampah Buat Beli Emas

Warga Tasik ‘Tidak Buang Sampah’ Setelah Tahu Bisa Jadi Cuan, Kirim ke Bank Sampah Buat Beli Emas

Lahan sayuran yang ditanam di Bank Sampah Sugema Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.-Foto: tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Beberapa warga Tasik khususnya Kota Tasik, sebagian ‘tidak buang sampah’ lagi setelah tahu bisa jadi cuan.

Sampah-sampah yang berserakan dan dihasilkan setiap hari ini oleh sebagai kecil warga Tasik tidak dibuang. Mereka lebih memilih untuk memilah sampah-sampah yang dihasilkan di rumah masing-masing.

Seperti warga Tasik yang ada di Perum Kota Baru Kecamatan Cibeureum, setelah memiliki bank sampah yang diberi nama bank Sampah Sugema, warga menjadi lebih rajin memilah sampa dari rumah.

BACA JUGA:Heboh, Plaza Asia Diguncang Gempa dan Kebakaran, Puluhan Karyawan Berhamburan

Terlebih sampah yang dipilah ternyata bisa jadi cuan untuk membeli emas atau bayar patungan kurban, bahkan juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Direktur Bank Sampah Sugema, Aldy, menceritakan bila warga di sekitar bank sampah yang dikelolanya bersama dengan Karang Taruna kini mulai terbiasa memilah sampah dari rumah masing-masing.

Terlebih lagi setelah tahu kalau sampah yang dikumpulkan di bank sampah bisa jadi cuan.

BACA JUGA:KEREN, Perempuan Cantik Ini WhatsApp Luis Milla Pakai Bahasa Spanyol soal Persib, Hasilnya Bahagiakan Bobotoh

“Karena inovasi kami salah satunya adalah bisa beli emas dengan sampah juga bayar kurban pakai sampah, warga jadi termotivasi untuk datang membawa sampah ke bank sampah,” katanya.

Bahkan tidak hanya warga sekitar asaja, sampah yang ditabung di Bank Sampah Sugema juga ada dari tempat lain. Seperti dari sekolah dan lembaga i pendidikan lainnya.

Bank Sampah Sugema tidak hanya menerima sampah saja, tapi juga memanfaatkan sedikit lahan untuk menanam sayuran yang dapa dikonsumsi.

BACA JUGA:Rudi Voller Ungkap Alasan Mourinho Sangat Dicintai Fans AS Roma: ‘Ceplas-Ceplos dan Provokatif’

Tak ayal beberapa sayuran tersebut pun bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dikonsumsi. Seperti ada terong, pakcoy, daun bawang, jeruk nipis serta beberapa sayuran lainnya.

Camat Cibeureum, H. Rahman S.Sos menyampaikan bila di Keamatan Cibeureum saat ini hanya satu kelurahan saja yang tidak punya bank sampah. Sementara itu semua kelurahan sudah memiliki bank sampah, meskipun belum satu RW satu bank sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: