15 Rumah Terendam Banjir, 6 Rumah Terdampak Longsor, Bencana di Tiga Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

15 Rumah Terendam Banjir, 6 Rumah Terdampak Longsor, Bencana di Tiga Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

Tiga Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya di landa bencna bajir dan longsor Rabu 03 Mei 2023. Setidaknya 15 rumah terendam dan 6 rumah terdampak longsor.-istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan deras pada Rabu 03 Mei 2023 mengakibatkan bencana banjir dan longsor di tiga Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

Bencana yang terjadi saat hujan deras itu mengakibatkan 15 rumah terendam banjir dan 6 rumah terdampak longsor yang terjadi di dua lokasi berbeda.

PK Tagana Kabupaten Tasikmalaya merinci, bencana banjir terjadi di Kampung Cibodas Pesantren Desa Mekarwangi, Kecamatan Cisayong. Dalam bencana banjir ini merendam 15 rumah. 

"Untuk banjir di Kecamatan Cisayong ada 15 rumah yang terendam, sedangkan longsor di Kecamatan Sukahening 5 rumah terdampak dengan kondisi 2 rumah rusak berat dan 3 rumah terancam," ungkap Ketua PK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetiya melalui sambungan telepon Kamis 04 Mei 2023.

BACA JUGA:Transfer Persib Datangkan Septian David Maulana dari PSIS Semarang Sudah Diusahakan Sejak Musim Lalu

Penyebab bencana banjir, karena meluapnya Sungai Cibodas yang diakibatkan dinding sungai longsor. Sehingga material longsor tersebut menyumbat aliran air menjadi tidak normal. 

“Karena intensitas hujan tinggi, volume air tinggi dan meluap ke pemukiman," kata dia.

Saat ini kondisinya sudah surut, karena air tersebut hanya lewat saja. Upaya yang dilakukan melakukan normalisasi atau membuka material longsoran yang menutup sungai. 

"Selian assessment, melakukan evakuasi longsoran sebagai antisipasi terjadi bajir susulan ketika turun hujan," kata Jembar.

BACA JUGA:Resmi Bek Alumni Uruguay Perkuat Persib, Umpan Silangnya Bagus dan Memilih Latihan Lebih Awal, Ini Profilnya

Sementara bencana longsor terjadi di Kampung Saribudi, Desa Banyurasa, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya. Material longsor menimpa 2 rumah dan 3 rumah terdampak.

Bencana longsor di Kecamatan Sukahening, sambung Jembar, karena adanya hujan dengan intansitas tinggi. Tebing dekat rumah pemukiman warga longsor. 

"Itu juga sudah kita evakusi dan dilakukan assessment, sementara rumah yang terdampak ketika hujan turun direkomendasikan mengungsi," kata Jembar.

Sementara longsor juga terjadi di Kecamatan Salawu, tepatnya di Kampung Padacinta Desa Jahiang Kecamatan Salawu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: