Kenali Masalah yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Kenali Masalah yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Kenalan masalah pada kunci kontak sepeda motor.-Foto: istimewa -

BACA JUGA:Nama-Nama Pegusaha Bus dari Tasik Ini Ternyata Adik Kakak, Putra dari Dua Pengusaha Besar

Tidak bisa diputar ke kanan atau ke kiri. Kalaupun bisa, biasanya tidak bisa dilepas dan stuck di dalam rumah kunci.

Penyebabnya bisa karena terdapat kotoran didalam kunci akibat masuk melalui air hujan atau saat mencuci sepeda motor. Masalah ini harus ditangani secara hati-hati karena berpotensi mengalami patah kunci jika dikeluarkan secara paksa.

Solusinya Brosis bisa memberikan cairan penetran kedalam lubang kunci, diamkan sebentar kemudian goyang-goyangkan hingga longgar lalu cabut secara perlahan.

Sesudah lepas, berikan cairan penetran lebih banyak ke dalam lubang kunci supaya kotoran atau benda yang masuk kedalamnya bisa keluar.

BACA JUGA:Naik Kereta Api Buat Balik-Mudik, Jangan Lupa Ini Syarat Utama Harus Dipenuhi

3. Kunci Kontak Patah

Ketika kunci kontak macet kemudian diputar atau dicabut secara paksa bisa menyebabkan anak kunci patah dan tertinggal di dalam lubang kunci.

Solusinya, anak kunci yang tertinggal harus segera dikeluarkan jangan sampai tertinggal lebih lama. Mengeluarkannya juga harus hati-hati dengan cara memberikan cairan pelumas atau penetran kemudian cabut menggunakan pinset atau tools lainnya.

4. Motor Tidak Menyala

BACA JUGA:Belasan Tahun Kehilangan Ayahnya, Pria Asal Tasik Curhat di Medsos

Jika saat memasukan kunci di rasa normal, tapi saat diputarkan ke posisi “ON” namun motor tidak menyala dengan indikasi tampilan speedometer juga tidak menyala seperti biasa, bisa dipastikan ada masalah pada bagian kelistrikan.

Bisa karena adanya arus pendek alias korsleting, atau yang paling sering terjadi adalah karena salah satu soket penyambung kabel terlepas,  putus atau mengalami kerusakan.

Untuk menjaga kondisi kunci kontak dalam kondisi prima, lakukan perawatan dengan sering memberikan cairan penetran atau pelumas pada lubang kunci dan juga menjaganya agar penutup lubang kunci tertutup sempurna supaya terhindar dari debu atau kotoran yang masuk kedalam lubang kunci yang berpotensi menjadi penyebab rusaknya kunci kontak sepeda motor. (Rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: