Kenali Masalah yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Kenali Masalah yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Kenalan masalah pada kunci kontak sepeda motor.-Foto: istimewa -

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Dalam menemani beraktifitas sehari-hari menggunakan sepeda motor tetap harus dalam kondisi prima.

Namun terkadang beberapa masalah yang muncul, bukan hanya di bagian mesin tapi juga sektor lainnya yang walaupun sepele tapi bisa membuat aktivitas berkendara jadi terganggu.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, Seperti kunci kontak sepeda motor.

Bagian ini juga sangat penting, karena berfungsi untuk menyalakan sepeda motor akan bepergian dan sekaligus mematikan kelistrikan sepeda motor baik saat berhenti atau parkir.

BACA JUGA:50 Persen Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Kemenhub Prediksi Puncak Arus Balik Kedua 30 April dan 1 Mei 2023

Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada kunci kontak mekanis konvensional pada sepeda motor sekaligus solusinya.

1. Kunci Kontak Longgar

Biasanya ini terjadi pada sepeda motor keluaran lama yang masih dipakai saat ini. Penyebabnya karena faktor umur dan sering dipakai sehingga membuat material anak kunci kontak menjadi aus begitu juga di bagian dalam rumah kuncinya.

Penyebab lain kunci kontak jadi longgar dan bahkan bisa menyebabkan anak kunci terjatuh saat berkendara adalah karena sering menggabungkan kunci kontak sepeda motor dengan kunci lainnya seperti kunci rumah, kunci gembok misalnya.

BACA JUGA:AS Roma Incar Kiper Empoli, Salah Satu Penjaga Gawang Terbaik di Italia dalam Dua Musim Terakhir

Hal tersebut menyebabkan kunci kontak sepeda motor akan mendapat beban dari kunci lainnya yang tergantung bersamaan.

Penyebab lain kunci kontak longgar adalah pernah memasukan benda atau anak kunci yang bukan pasangannya secara paksa, sehingga lubangnya menjadi longgar dan anak kunci mudah lepas.

2. Kunci Kontak Macet

Ketika memasukan anak kunci kedalam rumah kunci terkadang mengalami seret atau macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: