Berkah bagi Penjual Bunga di TPU Cinehel Kota Tasik Jelang Ramadan Masyarakat Ziarah Kubur

Berkah bagi Penjual Bunga di TPU Cinehel Kota Tasik Jelang Ramadan Masyarakat Ziarah Kubur

Amah (kanan) penjual bunga musiman memanfaatkan jelang Ramadan berkah bagi pejual bunga. Demikian Juga Enok (kiri), tukang bersih-bersih makam merasakan hal serupa, Rabu 22 Maret 2023. -Tiko Heryanto-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Jelang Ramadan masyarakat ziarah kubur. Seperti halnya di Kota Tasikmalaya, sejak Jumat 17 Maret 2023 pekan lalu, banyak masyarakat ziarah kubur ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cinehel dan TPU Cieunteung Kota Tasik.

Pucaknya pada Rabu 22 Maret 2023, sejak pagi hingga sore, dua lokasi TPU di pusat Kota Tasik itu ramai dikunjungi masyarakat ziarah kubur. Kunjungan masyarakat ini tidak lepas dengan tabur bunga setelah memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa.

Bunga bagi peziarah kubur melambangkan cara terbaik menaruh rasa hormat dan kesedihan setelah ditinggal orang yang telah meninggal. 

Kebutuhan bunga dari masyarakat yang ziarah kubur otomatis membuat penjual bunga kecipratan rezeki. Khususnya bagi warga di sekitar TPU, momen jelang Ramadan adalah berkah bagi penjual bunga.

BACA JUGA:Segera Dibagikan! Bansos Ramadan Beras 10 Kilo Beras, Telur, dan Ayam untuk 21,6 Juta Pemilik e-KTP, KPM PKH,  

Bahkan ada di antaranya yang sengaja menjadi penjual bunga dadakan. “Alhamdulillah, sehari minimal 70 ribuan dapat,” ungkap Amah, warga Cipanyir di Sekitar TPU Cinehel

Amah mengaku hanya sebagai penjual bunga dadakan. Momen jelang Ramadan atau jelang Lebaran, adalah berkah bagi penjual bunga.

“Ini mah mengisi waktu aja. Kan momen setahun sekali. Jadi jualan bunga aja,” ungkap perempuan paruh baya yang sehari-hari jualan makanan manisan kolak keliling. 

Amah mengaku jualan sejak hari Jumat pekan lalu. Dia sengaja beralih jualan sementara karena tidak mau melewatkan momen setahun sekali ini untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. ”Jadi sejak Jumat lalu itu sudah banyak yang ziarah. Mungkin hari ini terakhir. Besok kan puasa,” kata Amah diiyakan Enok, tukang bersih-bersih areal makam. 

BACA JUGA:Sore Ini Kemenag Pantau Hilal di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Penentuan Awal Bulan Ramadan 1444 H

“Biasanya kalau pas puasa mah sepi lagi. Hari ini puncaknya, terus disambung lagi mau dekat hari Lebaran,” tambah dia.

Tak hanya Amah, Enok tukang bersih-bersih makam juga kecipratan rzeki. Sebab ketika peziarah tiba di makam, tidak sekadar membeli bunga. “Banyak yang minta makamnya dibersihkan,” sahutnya.

Momen jelang Ramadan dan Lebaran, bagi warga di sekitar TPU menjadi berkah bagi penjual bunga, tukang bersih-bersih makam serta pedagang makanan.      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: