Antisipasi Keracunan Jajanan, Dinkes Banjar dan Loka POM Tasikmalaya Pengujian Sampel Makanan, Ini Hasilnya

Antisipasi Keracunan Jajanan, Dinkes Banjar dan Loka POM Tasikmalaya Pengujian Sampel Makanan, Ini Hasilnya

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar bersama Loka POM Tasikmalaya saat pengujian sampel makanan di Kota Banjar, Senin 20 Februari 2023.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Sebagai langkah antisipasi keracunan jajanan olahan bagi anak sekolah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota BANJAR bersama Loka POM Tasikmalaya lakukan pengujian sampel makanan, Senin 20 Februari 2023. 

Pengujian sampel makanan yang biasa jadi jajanan anak sekolah, menyasar ke wilayah SMAN 1 Banjar, SDN 8 Banjar dan SDN 2 Banjar. 

"Kita lakukan pemeriksaan dan pengujian sampel makanan jajanan di sekolah bekerjasama dengan Loka POM Tasikmalaya," kata Kepala Dinkes Kota Banjar H Andi Bastian melalui fungsional Sanitasi Bidang Kesling Jujun Junaedi. 

Diakuinya, pemeriksaan dan pengujian pada sampel makanan ini sebagai upaya antisipasi keracunan jajanan bagi kalangan siswa atau pelajar di Kota Banjar.

BACA JUGA:Wali Kota Banjar Sarankan Masyarakat Pandai Memilah Sampah, Kini Sehari Hanya Turun 10 Persen 

Terlebih sebelumnya sempat terjadi keracunan siswa atau pelajar di Kabupaten Garut, sehingga perlu diantisipasi jangan sampai terjadi di Kota Banjar.

"Ada 33 sampel yang kita ambil dari kantin dan pedagang di SMAN 1, SDN 8 dan SDN 2 Banjar. Yakni mie, bakso, roti, cireng, es lilin, sosis, batagor, leupeut, keripik kaca, selai, cimol dan permen lolipop," bebernya.

Adapun parameter yang diperiksa atau diuji oleh Loka POM Tasikmalaya seperti Rhodamin B, boraks, formalin dan meth. 

"Untuk sampel yang diperiksa dan diuji hasilnya negatif semua," tegasnya.

BACA JUGA:JALUR JUARA PERSIB Terbuka, Persib Peragakan Skema Gol Cantik, Kiper Lawan Hanya Bisa Bengong

Lanjut dia, selain melakukan pemeriksaan dan pengujian juga dilakukan pembinaan kepada para pedagang agar lebih memperhatikan dagangannya terbebas dari Rhodamin B, boraks, formalin atau meth. 

Karena jika menggunakan bahan-bahan berbahaya akan menyebabkan keracunan dan kerusakan terhadap organ tubuh. 

Penguji Pangan Loka Pom Tasikmalaya Widi Astuti menambahkan, untuk proses pemeriksaan dan pengujian sampel makanan jajanan anak sekolah dilakukan sekitar kurang lebih satu jam. 

"Semua jenis jajanan anak-anak sekolah yang diuji baik dijual di kantin dan pedagang di luar sekolah," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: