Cek Surat-surat Kendaraan Sebelum Bepergian, Polri Menggelar Operasi Keselamatan 2023 Mulai Hari Ini

Cek Surat-surat Kendaraan Sebelum Bepergian, Polri Menggelar Operasi Keselamatan 2023 Mulai Hari Ini

Korlantas Polri akan menggelar Operasi Keselamatan 2023 mulai 7 hingga 20 Februari 2023.--Foto: NTMC Polri--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Anda sebaiknya cek surat-surat kendaraan sebelum bepergian ke kantor maupun tempat lain.

Pasalnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Keselamatan 2023 mulai hari ini, 7 Februari 2023.

”Operasi Keselamatan 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 07 sampai 20 Februari 2023,” ujar Kasubbag Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani seperti dikutip dari NTMC Polri, Senin 6 Februari 2023.

AKBP Bargani memberikan bocoran mengenai sasaran penindakan dalam operasi yang mengusung tema ”Keselamatan Lalu Lintas yang Pertama dan Utama” kali ini.

BACA JUGA: Polri Akan Gelar Operasi Keselamatan 2023 Mulai Besok, Ini Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Manual

Perwira menengah dengan dua melati itu mengatakan sasaran dalam Operasi Keselamatan 2023 adalah segala jenis pelanggaran yang kasatmata.

Kemudian, ia menyebut jenis pelanggaran yang akan ditindak seperti tidak menggunakan helm, melawan arah dan potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan lakalantas baik di jalan tol maupun di non jalan tol.

Apakah ada tilang manual dalam Operasi Keselamatan 2023?

AKBP Bargani mengatakan kepolisian tetap mengedepankan penindakan tilang elektronik dengan ETLE (Elektronik Traffic Law Enforcement) yang statis maupun mobile.

BACA JUGA: Akankah Ada Tilang Manual Saat Operasi Keselamatan 7-20 Februari 2023? Simak AKBP Bargani

Karena, tujuan operasi ini adalah menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, jumlah fatalitas korban laka dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Terkait jenis pelanggaran yang akan kena tilang dalam operasi ini, Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya memberi penjelasan agak rinci.

Pihaknya akan menindak sejumlah pelanggaran yang kasat mata. Pelanggaran tersebut antara lain tidak menggunakan helm, melawan arah, hingga pelanggaran yang menyebabkan gangguan dan kemacetan lalu lintas.

Selain itu, polisi akan menggunakan tilang manual kepada pelanggar yang memakai knalpot brong atau racing dan kendaraan tidak memakai pelat nomor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ntmc polri