Akankah Ada Tilang Manual Saat Operasi Keselamatan 7-20 Februari 2023? Simak AKBP Bargani

Akankah Ada Tilang Manual Saat Operasi Keselamatan 7-20 Februari 2023? Simak AKBP Bargani

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggelar Operasi Keselamatan 7-20 Januari 2023.-Ilustrasi NTMC Polri-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggelar Operasi Keselamatan 7-20 Januari 2023.

Operasi yang mengambil tema ”Keselamatan Lalu Lintas yang Pertama dan Utama” ini untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas masyarakat Indonesia.

Akankah ada tilang manual saat Operasi Keselamatan 7-20 Februari 2023? Simak penjelasan Kasubbag Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani.

Dia menjelaskan sebelum pelaksanaan Operasi Keselamatan, Korlantas Polri menggelar Pelatihan Pra Operasi Keselamatan yang digelar di Aula Medellu lt.4 gedung NTMC Polri.

BACA JUGA: DITUNDA! Pengumuman Hasil Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022, Mengapa?

Operasi Keselamatan 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 07 sampai 20 Februari 2023, dengan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif,” ujar dia saat membuka pelatihan seperti dilansir laman Korlantas Polri, Kamis 2 Februari 2023.

Terkait penindakan tilang dalam kegiatan Operasi Keselamatan 2023, menurut dia, kepolisian tetap mengedepankan penindakan tilang elektronik dengan ETLE (Elektronik Traffic Law Enforcement) yang statis maupun mobile.

”Tujuannya menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban laka serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” jelas dia.

Dia mengemukakan sasaran dalam Operasi Keselamatan 2023 adalah segala jenis pelanggaran lalu lintas yang kasatmata.

BACA JUGA: Cara Urus Surat Motor Bodong, Waktunya 6 Bulan Sebelum Motor Bodong Permanen

AKBP Bargani memberikan contoh pelanggaran pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil yang kasatmata.

Misalnya, tidak menggunakan helm, melawan arah dan potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan lakalantas, baik di jalan tol maupun di non jalan tol.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan agar tercipta Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas).

Menindaklanjuti rencana Korlantas Polri, Polresta Pekanbaru akan melaksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning di Kota Pekanbaru mulai tanggal 7 sampai 20 Februari 2023. Operasi kepolisian yang mengedepankan fungsi Lalu Lintas ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: korlantas polri