5 Rumah Roboh, Bencana Alam Pohon Tumbang di Kota Tasikmalaya Tutup Jalan Raya dan Timpa Rumah

5 Rumah Roboh, Bencana Alam Pohon Tumbang di Kota Tasikmalaya Tutup Jalan Raya dan Timpa Rumah

Tim BPBD Kota Tasikmalaya dan TNI saat mengevakuasi pohon tumbang di jalan raya, Jumat 27 Januark 2023 sore. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Hujan deras sempat mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya Jumat 27 Januari 2023 sore, menyebabkan bencana alam pohon tumbang. pohon tumbang di Kota Tasikmalaya tutup jalan raya dan timpa rumah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, hingga pukul 20.10 WIB tercatat 9 bencana alam yang terjadi di Kecamatan Cibeureum dan Purbaratu.

"Ya benar ada 9 kejadian bencana alam yang sudah masuk laporan ke kita," ujar Kepala Pelaksana BPBD, Ucu Anwar.

Terang Ucu, pohon tumbang terjadi di Jalan Kolonel Basyir Surya depan SMAN 3 Kota Tasikmalaya, Kampung Pasirjaya, RT 001 RW005, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purbaratu.

BACA JUGA:Siap-Siap Besok Week End, Pagi-Pagi Kita Nge-plank Yuk, Supaya Perut Makin Kencang

Selain itu bencana alam pohon tumbang juga terjadi di Kampung Ciwidey, Kelurahan Purbaratu, Kecamatan Purbaratu, dan Kampung Golempang, RT 005, RW 006, Kelurahan Sukamenak, Kecamatan Purbaratu.

Bersamaan kejadian ini tercatat 5 rumah roboh. 3 rumah roboh di antaranya di Kampung Golempang, Purbaratu. Masing-masing 1 rumah di blok RT 001, RW 007 milik Muhsin yang ditempati 4 orang.  2 rumah lainnya berada di Blok RT 004 RW 006 milik Budi yang dihuni 3 orang serta rumah Iwan yang dihuni 5 orang.

"Serta di Kampung Golempang, RT 005, RW 006, Kelurahan Sukamenak, Kecamatan Purbaratu rumah Entis yang ditempati 5 orang roboh dan di Purbasari RT 001, RW 006, Kelurahan Purbaratu, Kecamatan Purbaratu rumah Usman yang roboh dihuni 3 orang," bebernya.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan sejauh ini BPBD baru mendapat laporan 5 rumah roboh. Kerugian materil belum bisa ditaksir karena timnya masih melakukan penanganan sambil melakukan penyisiran khawatir masih ada korban lainnya. 

BACA JUGA:Persib Akhirnya Juara, Termotivasi Usai Ditegur Wali Kota Bandung di Ruang Ganti Pemain

"Kalau pohon yang roboh di jalan raya sudah tuntas kita tangani dan Alhamdulillah arus lalu lintas kembali normal," tambahnya.

Polsek Cibeureum Polres Tasikmalaya Kota turun tangan melakukan pengamanan di lokasi pohon yang menutup jalan serta pohon tumbang yang menimpa rumah warga. 

"Tadi ada 3 pohon besar tumbang di Jalan Letkol Basir Surya. Sempat mengakibatkan jalan tidak bisa dilewati dari kedua arah. Sehingga dilaksanakan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan," tutur Kapolsek Cibeureum, AKP Yusuf Setyanto.

Di Kampung Golempang, Kelurahan Sukamenak  Pohon Petai juga roboh menimpa atap musala. Musala tersebut mengalami kerusakan ringan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: